KONFLIK DALAM NOVEL SOEKARNO KUANTAR KE GERBANG KARYA RAMADHAN K.H. DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Meilya Kartika MR, 1723041013 (2021) KONFLIK DALAM NOVEL SOEKARNO KUANTAR KE GERBANG KARYA RAMADHAN K.H. DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
FILE ABSTRAK MEILYA KARTIKA MR-dikonversi - Kartika Meilya28.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
File FULL (Tanpa Lampiran Isi)-dikonversi (1) - Kartika Meilya28.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1125Kb)
[img]
Preview
File PDF
file TANPA BAB PEMBAHASAN (Tanpa Lampiran Isi)-dikonversi - Kartika Meilya28.pdf

Download (947Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik dalam novel Soekarno Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan K.H. Selain itu, hasil temuan diimplikasikan dalam rancangan pembelajaran teks eksplanasi untuk siswa SMA kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah novel Soekarno Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan K.H. yang diterbitkan pada tahun 2011. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan teks yang berkaitan dengan peristiwa dalam Novel Soekarno Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan K.H. dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam peneltian ini ialah obsevasi nonpartisipasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa ditemukan konflik di dalam novel Soekarno Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan K.H. Konflik yang paling sering nampak secara berturut-turut ialah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan masyarakat, dan konflik manusia dengan manusia. Sementara itu, konflik manusia dengan alam tidak banyak ditemukan. Konflik manusia dengan dirinya sendiri dominan dialami oleh tokoh Inggit. Sementara itu, konflik manusia dengan masyarakat banyak dialami oleh tokoh Kusno. Tokoh Inggit dan Kusno sering mengalami konflik akibat dari lingkungan dan situasi yang mereka hadapi. Kemudian, hasil temuan berupa konflik dapat dimanfaatkan sebagai variasi, stimulus, dan contoh dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran di Kompetensi Dasar 3.3 mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitang, dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis dan KompetensiDasar 4.3 mengonstruksi nilai- nilai informasi dari informasi cerita (novel) sejarah dalam sebuah teks eksplanasi untuk siswa SMA kelas XII semester ganjil. Kata kunci: konflik, novel, rancangan pembelajaran This study aims to describe the conflict in the novel Soekarno Kuantar ke Gerbang by Ramadhan K.H. In addition, the findings are implied in the design of explanatory text learning for class XII high school students. This study used descriptive qualitative method. The data source used is the novel Soekarno Kuantar ke Gerbang by Ramadhan K.H. published in 2011. The data analyzed in this study are in the form of text excerpts related to events in the novel Soekarno Kuantar ke Gerbang by Ramadhan K.H. and Learning Implementation Plans (RPP) in SMA. The collection technique used in this research is non-participation observation, while the data analysis technique uses Miles and Huberman's qualitative data analysis techniques. The results of the analysis show that there is a conflict in the novel Soekarno Kuantar ke Gerbang by Ramadhan K.H. The conflicts that most often appear, respectively, are human conflicts with themselves, human conflicts with society, and human conflicts with humans. Meanwhile, there are not many conflicts between humans and nature. Human conflict with himself and human conflict with humans is dominantly experienced by Inggit character. Meanwhile, many of Kusno's figures experienced conflicts between humans and society. Inggit and Kusno characters often experience conflict due to the environment and situations they face. Then, the findings in the form of conflict can be used as variations, stimuli, examples in the Learning Implementation Plan in learning in Basic Competency 3.3 identifying information, which includes orientation, a series of interrelated events, and resolutions, in oral or written historical stories and Basic Competence 4.3 constructs information values from historical story (novel) information in an explanatory text for odd semester XII graders of high school. Keywords: conflict, novel, learning design.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 May 2022 01:53
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61531

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir