PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 7 PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Gito Ronaldo, 1713053009 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 7 PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
Skripsi-Gito Ronaldo-1713053009-PGSD-Abstrak - Gito Ronaldo.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Skripsi-Gito Ronaldo-1713053009-PGSD-Full Tanpa Lampiran - Gito Ronaldo.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1636Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Skripsi-Gito Ronaldo-1713053009-PGSD-Full Tanpa Pembahasan - Gito Ronaldo.pdf

Download (1881Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI SD Negeri 7 Pagaralam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 25 pendidik dan sampel penelitian berjumlah 25 pendidik menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes.. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI Sekolah Dasar, ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,4 dengan kategori “Sedang”. Kata Kunci: kompetensi profesional, prestasi belajar matematika. The problem in this study is the low learning achievement of the VI grade students of SD Negeri 7 Pagaralam. The purpose of this study was to determine the effect of teacher professional competence on student's mathematics learning achievement. This type of research is quantitative using ex-post facto research methods. The research population is 25 educators and the research sample is 25 educators using saturated sampling technique. Data collection techniques used questionnaires and test. Data analysis used a simple linear regression formula. The results showed that there was an influence of teacher professional competence on the learning achievement of grade VI elementary school students, indicated by a correlation coefficient of 0.400 at the "Moderate" level. Keywords: mathematics learning achievement, professional competence.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 May 2022 01:09
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61550

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir