MAKNA TRADISI MESANGIH (POTONG GIGI) DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT BALI DI DESA RAMA YANA KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Ni Made Chichi Anina, 1413033051 (2021) MAKNA TRADISI MESANGIH (POTONG GIGI) DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT BALI DI DESA RAMA YANA KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (17).pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (15).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2421Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (15).pdf

Download (2423Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia merupakan negara majemuk, terdiri dari berbagai macam suku dan memiliki berbagai macam tradisi. Salah satu tradisi tersebut adalah Tradisi Mesangih pada Masyarakat Bali. Tradisi Mesangih merupakan tradisi yang dilaksanakan pada saat anak-anak meranjak dewasa sebagai rasa syukur dan memohon keselamatan menuju kedewasaan. Masyarakat Bali di Desa Rama Yana memiliki berbagai persepsi terhadap Tradisi Mesangih sehingga pada saat ini kelompok masyarakat Bali yang ada di Desa Rama Yana masih melaksanakan Tradisi Mesangih yang memang wajib harus dilaksanakan karena terdapat makna dalam pelaksanaan Tradisi Mesangih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa sajakah makna yang ada dalam Tradisi Mesangih (Potong Gigi) Masyarakat Bali di Desa Rama Yana Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Tujuannya yaitu untuk mengetahui berbagai makna dalam Tradisi Mesangih (Potong Gigi) Masyarakat Bali di Desa Rama Yana Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada makna yang terdapat dalam pelaksanaan Tradisi Mesangih (Potong Gigi) yaitu makna religi dan makna moral. Masyarakat Bali di Desa Rama Yana Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah masih melaksanakan Tradisi Mesangih dengan tahapan yang lengkap, meskipun pada saat ini ada beberapa yang melaksanakannya sudah sedikit disederhanakan maupun memodifikasi namun tidak menghilangkan yang ada didalam pelaksanaannya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 May 2022 01:08
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61552

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir