HALAMAN SAMPUL PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPN 2 PUGUNG TANGGAMUS

Laudya Fadira, 1813041041 (2022) HALAMAN SAMPUL PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPN 2 PUGUNG TANGGAMUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3498Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2305Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPN 2 PUGUNG TANGGAMUS Oleh LAUDYA FADIRA Permasalahan dalam penelitian ini, yakni kurangnya motivasi belajar peserta didik seperti menyontek, malas, dan masih tidak berani dalam mengutarakan pendapat. Selain itu kurangnya ketersediaan bahan ajar bagi peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merumuskan dua masalah yakni bagaimana pengembangan dan kelayakan desain LKPD bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel di SMP kelas VII. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi hasil pengembangan desain LKPD bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel di SMP kelas VII. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). Metode penelitian ini memiliki sepuluh langkah, yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi desain, dan produk masal. Tetapi peneliti hanya menggunakan lima tahap saja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Lima tahap tersebut di antaranya, yaitu a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, dan e) revisi desain. Hasil penelitian ini merupakan desain bahan ajar yang berjudul “Lembar Kerja Peserta Didik Materi Teks Fabel Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter”. Bahan ajar tersebut dinyatakan layak setelah dilakukan validasi oleh dua pakar ahli, yakni ahli materi dan praktisi. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan bahan ajar yang diperoleh dari ahli materi didapatkan rata-rata nilai 3,14 yang dikonversi menjadi nilai kualitas, yakni “Sesuai” dan hasil penilaian dari ahli praktisi di dapatkan rata-rata nilai 3,28 yang dikonversi menjadi nilai kualitas, yakni “Sangat Sesuai”, maka dapat disimpulkan bahan ajar yang telah dikembangkan dapat dinyatakan “layak” digunakan dengan saran, masukan serta revisi. Kata Kunci: LKPD, bahan ajar, pengembangan, fabel, desain.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 405 Terbitan berseri ilmu bahasa
400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203191380 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2022 02:20
Terakhir diubah: 23 May 2022 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir