PENGARUH LATIHAN INTERVAL TRAINING DAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Destira Ramadhani Sitorus, 1713051006 (2021) PENGARUH LATIHAN INTERVAL TRAINING DAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Destira Ramadhani Sitorus.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Destira Ramadhani Sitorus.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Destira Ramadhani Sitorus.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani setelah diberikan perlakuan Interval Training dan Circuit Training. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian pre- test dan post-test, sampel berjumlah 62 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dengan teknik ordinal pairing. Instrumen yang digunakan adalah TKJI untuk usia 10-12 tahun. Hasil penelitian ini: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari Interval Training terhadap kebugaran jasmani dengan analisis data t hitung = 9,287 > t tabel = 2,042 dengan α = 0,05, N = 31. 2) Ada pengaruh yang signifikan dari Circuit Training terhadap kebugaran jasmani dengan analisis data t hitung = 12,308 > t tabel = 2,042 dengan α = 0,05, N = 31. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara Interval Training dan Circuit Training terhadap kebugaran jasmani siswa dengan analisis data t hitung 2,135 > t tabel 2,000 dengan α = 0,025, N = 62. Uji Perbedaan tes akhir menyatakan nilai t hitung 2,135 > t tabel 2,000 maka artinya pada tes akhir ada perbedaan kebugaran jasmani pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan yang signifikan antara kelompok Interval Training dan Circuit Training. Dilihat dari rata-rata peningkatan dan tes akhir kedua kelompok dapat dilihat bahwa kelompok circuit training lebih besar peningkatan dan tes akhirnya dibanding kelompok interval training sehingga dapat disimpulkan bahwa Circuit training lebih berpengaruh secara signifikan terhadap kebugaran jasmani pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: interval training, circuit training, kebugaran jasmani. This study aims to determine the level of physical fitness after being given treatment Interval Training and Circuit Training. The research method used is a quasi-experimental method, with a research design pre-test and post-test, a sample of 62 students who were divided into two experimental groups with technique ordinal pairing. The instrument used is TKJI for ages 10-12 years. The results of this study: 1) There is a significant effect of Interval Training on physical fitness with data analysis t count = 9.287 > t table = 2.042 with = 0.05, N = 31. 2) There is a significant effect of Circuit Training on fitness physical fitness with data analysis t count = 12,308 > t table = 2,042 with = 0,05, N = 31. 3) There is a significant difference between Interval Training and Circuit Training on students' physical fitness with data analysis t count 2,135 > t table 2,000 with = 0.025, N = 62. The difference test in the final test states the t count 2.135 > t table 2,000, meaning that in the final test there is a significant difference in physical fitness in the fifth grade students of SD Negeri 1 Tanjung Sari South Lampung Regency, which is significant between the Interval Training and Circuit Training. Judging from the average increase and the final test of the two groups, it can be seen that the group has a circuit training greater improvement and final test than thegroup, interval training so it can be concluded that the circuit training has a more significant effect on physical fitness in fifth grade students of SD Negeri 1 Tanjung Sari South Lampung Regency. Keywords: interval training, circuit training, physical fitness.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 23 May 2022 07:40
Terakhir diubah: 23 May 2022 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir