PENGUJIAN IGR DIFLUBENZURON DAN INSEKTISIDA BOTANI EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP KERAGAMAN ARTROPODA DAN HASIL TANAMAN KACANG KEDELAI EDAMAME (Glycine max L. Merr)

OLIVIA CINDOWARNI, 1924011008 (2022) PENGUJIAN IGR DIFLUBENZURON DAN INSEKTISIDA BOTANI EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP KERAGAMAN ARTROPODA DAN HASIL TANAMAN KACANG KEDELAI EDAMAME (Glycine max L. Merr). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1261Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1089Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kedelai edamame memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya produksi kedelai edamame yaitu karena serangan hama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dan kelimpahan artropoda serta pertumbuhan dan hasil produksi kedelai edamame akibat perlakuan insektisida IGR sintetis diflubenzuron dan insektisida botani (ekstrak daun sirsak). Penelitian ini dilaksanakan di lapangan dan di laboratorium mulai dari bulan Desember 2020 hingga Maret 2021. Penelitian lapang berlokasi di Kebun Percobaan Politeknik Negeri Lampung (Polinela), dan penelitian laboratorium di Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan, dan Laboratorium Benih dan Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan. Perlakuan terdiri atas kontrol atau tanpa insektisida (P0), insektisida ekstrak daun sirsak konsentrasi 1% (P1), insektisida ekstrak daun sirsak konsentrasi 2% (P2), aplikasi IGR diflubenzuron konsentrasi 0,05% (P3), aplikasi IGR diflubenzuron konsentrasi 0,1% (P4), dan aplikasi insektisida klorantraniliprol konsentrasi 0,15% (P5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berbagai jenis insektisida memberikan pengaruh terhadap kelimpahan populasi artopoda dengan nilai keragaman artropoda termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Aplikasi insektisida sintetis lebih unggul dibandingkan insektisida botani dalam mengurangi kehilangan hasil tanaman. Kata Kunci : artropoda, kedelai edamame, insektisida daun sirsak, IGR diflubenzuron.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agronomi
Pengguna Deposit: 2203471061 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2022 08:18
Terakhir diubah: 23 May 2022 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61662

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir