PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 LANGKAPURA

HELDA APRINALIA, 1713053025 (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 LANGKAPURA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK_HELDA APRINALIA - helda aprinalia.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
2. FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_HELDA APRINALIA - helda aprinalia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN & LAMPIRAN_HELDA APRINALIA - helda aprinalia.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Langkapura. Tujuan penelitian yang pertama adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi belajar, yang kedua untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar, dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar di rumah dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan angket dengan menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis satu dan dua menggunakan uji regresi sederhana dan hipotesis ketiga menggunakan uji regresi ganda. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, yang kedua terdapat pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar, dan yang ketiga terdapat pengaruh fasilitas belajar di rumah dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Langkapura. Kata kunci: kesiapan belajar, motivasi belajar, perhatian orang tua. iii iii ABSTRACT THE IMPACT OF HOME LEARNING FACILITIES AND THE ROLE OF PARENTS IN MOTIVATING 4TH GRADE STUDENTS FROM PUBLIC PRIMARY SCHOOL NUMBER 2 IN LANGKAPURA TO STUDY By HELDA APRINALIA This The core problem of this research is the lack of motivation in 4th grade students from Public Primary School Number 2 in Langkapura to study. The purposes of this search are: firstly, to know the impact of home learning facilities in motivating students to learn, secondly, to know the impact of parents’ role in motivating students to learn, and thirdly to know the impact of home learning facilities and the role of parents together in motivating students to learn. The type of research used here is quantitative research with an ex-post facto method. The population in this research amounted to 68 students and samples of 68 students. The techniques that are used here to collect data are documentation, interviews, and questionnaires using a likert scale. Hypothesis tests one and two are using simple regression tests and the third hypothesis is using double regression tests. The results of the first research showed that there are impacts of learning facilities on students’ learning motivation, the second showed that there are impacts of parents’ role on students’ learning motivation, and the third also showed there are impacts of learning facilities at home and parents’ role together on the learning motivation of 4th grade students from Public Primary Scho ol Number 2 in Langkapura. Key words: home learning facilities, the role of parents, learning motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 23 May 2022 08:38
Terakhir diubah: 23 May 2022 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61680

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir