PENGEMBANGAN MEDIA PETA BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI KERAGAMAN ETNIK DAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

ANA PRATIWI MARDATILA, 1723031012 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PETA BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI KERAGAMAN ETNIK DAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ana Pratiwi Mardatila.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Ana Pratiwi Mardatila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Ana Pratiwi Mardatila.pdf

Download (4009Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lokasi penelitian ini berada di SMPN 1 Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan media peta berbasis aplikasi android materi keragaman etnik dan budaya, (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan produk pengembangan media peta berbasis aplikasi android materi keragaman etnik dan budaya, (3) mengetahui efektifitas media peta berbasis aplikasi android. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall yang dikombinasikan dengan enam tahapan desain ASSURE. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan produk pengembangan media peta berbasis android keragaman etnik dan budaya dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan media peta berbasis aplikasi android materi keragaman etnik dan budaya dengan memperhatikan minat belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjungsari dengan nilai Signifikansi (2-tailed) adalah 0,00. Rata-rata nilai hasil belajar sebelum menggunakan media peta berbasis android yaitu 51, sedangkan sesudah menggunakan media peta berbasis android yaitu 79 yang artinya peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pembelajaran IPS menggunakan peta berbasis android menunjukkan hasil positif dari total persentase 100% terdapat 59% peserta didik memiliki hasil belajar tinggi dengan minat belajar tinggi sebanyak 19 orang, terdapat 16% peserta didik memiliki hasil belajar rendah dengan minat belajar tinggi sebanyak 5 orang dan 25% peserta didik memiliki hasil belajar rendah dengan minat belajar rendah sebanyak 8 orang; (3) media peta berbasis aplikasi android materi keragaman etnik dan budaya efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan memperhatikan minat belajar peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,6107 yang berarti “sedang”. Pembelajaran IPS di era revalusi 4.0 sebaiknya menggunakan media peta berbasis android agar peserta didik mudah mempelajari materi keragaman etnik dan budaya di Indonesia sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajarnya. Kata kunci: peta, android, minat belajar, hasil belajar The location of this research is in the State Junior High School 1 Tanjungsari. This research aims (1) develop map media based on android application material ethnic and cultural diversity, (2) know the difference in average social studies learning outcomes before and after using map media development products based on android application material ethnic and cultural diversity, (3) know the effectiveness of map media based on android applications. The research method used was Borg and Gall's research and development (R&D) combined with the six stages of the ASSURE design. The results of this study are (1) the use of map media development products based on ethnic and cultural diversity can increase the interest in learning and learning outcomes of learners; (2) there is a difference in the average social studies learning outcome between before and after using android application-based map media material ethnic and cultural diversity with attention to the learning interests of students of class VII SMPN 1 Tanjungsari with a value of Significance (2-tailed) is 0.00. The average value of learning outcomes before using android- based map media is 51, while after using android-based map media which is 79 which means learners have reached the minimum criteria of mastery learning. Learning social studies using android-based maps shows positive results from a total percentage of 100% there are 59% of learners have high learning outcomes with high learning interest as many as 19 people, there are 16% of learners have low learning outcomes with high learning interest as many as 5 people and 25% of learners have low learning outcomes with low learning interest as many as 8 people. (3) Android-based map media material ethnic and cultural diversity effective to improve learning outcomes by paying attention to the learning interests of learners with an N-Gain value of 0.6107 which means "moderate". Social studies learning in the era of revalusi 4.0 should use android-based map media so that learners can easily learn ethnic and cultural diversity materials in Indonesia so as to increase their learning interest and learning outcomes. Keywords: maps, android, interest in learning, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 24 May 2022 03:56
Terakhir diubah: 24 May 2022 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61722

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir