KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA ANNA DALAM NOVEL REPRESI KARYA FAKHRISINA AMALIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Retno Pratiwi, 1713041003 (2021) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA ANNA DALAM NOVEL REPRESI KARYA FAKHRISINA AMALIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Retno pratiwi.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Retno pratiwi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2121Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Retno pratiwi.pdf

Download (1647Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama Anna dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) konflik batin tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia, (2) mekanisme pertahanan diri dari konflik tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia, (3) implikasi penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik baca, catat, dan pustaka sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hermeneutika dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf serta peristiwa yang mengandung informasi tentang konflik batin dan mekanisme pertahanan diri dari konflik tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia. Berdasarkan kegiatan penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat konflik batin yang menimpa Anna sejak kecil hingga dewasa. Konflik batin tersebut ialah konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, dan konflik menjauh- menjauh yang ditemukan sebanyak 22 data, selanjutnya mekanisme pertahanan diri dari konflik yang Anna lakukan sebanyak 24 data ditemukan. Penelitian ini dapat diimplikasikan secara konseptual ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berupa penilaian kelayakan novel Represi karya Fakhsrisina Amalia sebagai bahan pengajaran sastra berdasarkan aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya yang menunjukkan bahwa novel Represi karya Fakhrisina Amalia layak untuk dijadikan bahan pengajaran pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Kata kunci: Konflik batin, kelayakan novel, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 24 May 2022 04:40
Terakhir diubah: 24 May 2022 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir