EFEKTIFITAS FRAKSI UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI PADA METANOL BEBERAPA EKSTRAK TANAMAN (Peronoscle TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

FATHIA RAMADHANI, 1614121145 (2022) EFEKTIFITAS FRAKSI UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI PADA METANOL BEBERAPA EKSTRAK TANAMAN (Peronoscle TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2568Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2496Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit bulai merupakan salah satu kendala utama pada tanaman jagung di Indonesia. Pengendalian alternatif penyakit dikembangkan dengan penggunaan fungisida nabati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan fraksi metanol ekstrak tanaman tunggal maupun kombinasi dalam mengurangi penyakit bulai pada tanaman jagung. Penelitian dilaksanakan di halaman Gedung G Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada bulan Februari – Maret 2021 dan Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Perlakuan disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan delapan perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan terdiri atas ekstrak daun sirih, daun mimba, dan daun kelor. Data di analisis dengan menggunakan analisis sidik ragam dan dilanjutkan dengan perbedaan nilai tengah antar perlakuan menggunakan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi metanol ekstrak tanaman tunggal maupun kombinasi efektif menekan intensitas penyakit bulai, dan tidak ada perbedaan keefektifan terhadap ekstrak tersebut. Fraksi metanol ekstrak tanaman tunggal maupun kombinasi tidak dapat meningkatkan tinggi tanaman jagung. Kata kunci: Ekstrak daun kelor, Ekstrak daun mimba, Ekstrak daun sirih, Penyakit bulai, Peronosclerospora spp

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2203522230 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2022 01:18
Terakhir diubah: 25 May 2022 01:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61756

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir