, DORLINA SITANGGANG (2011) PENINGKATAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
coverke2.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN MAMA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (156Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1752Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan pengalaman mengajar penulis, kemampuan murid dalam menjelaskan pelajaran IPS masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada tes formatif maupun sumatif selama 3 tahun terakrir ini masih kurang dari angka enam. Hal ini disebabkan selain karena kurang akifnya siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa juga malu atau enggan bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum dimengerti di kelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran IPS, guru diharapkan dapat menggunakan media/alat peraga audio dalam proses belajar mengajar di kelas secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media audio sehingga meningkatkan prestasi belajar IPS bagi murid kelas V SDN I Gunung Sulah Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus 1, nilai tes setelah siklus 2, dan nilai tes setelah siklus 3. Selain menggunakan analisis deskriptif, penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif terhadap prestasi observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sulah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar antara siklus I dan siklus II meningkat dari 67% menjadi 89%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus II meningkat dari 5,0 menjadi 9,0. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar IPS dengan menggunakan media audio. Maka guru hendaknya menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPS baik untuk menanamkan konsep kepada murid maupun variasi dalam mengajar. Kata kunci : pembelajaran, prestasi belajar dan alat peraga
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 03:44 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 03:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/618 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |