PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 KALIANDA

FENI NOVITA, 1753053019 (2021) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 KALIANDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK FENI NOVITA_PGSD_1753053019 - Feni Novita.pdf

Download (411Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL FENI NOVITA_PGSD_1753053019 TANPA LAMPIRAN - Feni Novita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2716Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI FENI NOVITA 1753053019 PGSD - Feni Novita.pdf

Download (2394Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar dan kemampuan interpersonal peserta didik kelas tinggi SD Negeri 2 Kalianda masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal pendidik terhadap hasil belajar peserta didik SD Negeri 2 Kalianda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost Facto. Populasi berjumlah 255 orang dengan sampel penelitian berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumen. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian dapat diambil keputusan dalam uji regresi linier sederhana yaitu koefisien X bernilai positif, dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar di SD Negeri 2 Kalianda. Kata kunci: Komunikasi interpersonal, hasil belajar, peserta didik, pendidik The problem of the research is that the learning outcomes and interpesonal skill of high grade at SD Negeri 2 Kalianda are still low. The purpose of this research was to investigate the influence of interpersonal communication of the educator on the student’s learning outcomes of SD Negeri 2 Kalianda. This research used a quantitative approach and the type of research was expost facto. The population of 255 students and a sample of 72 students. Data collection techniques usedwere observation, questionnaires, and document studies. The data collected were then analyzed using simple regression. Based on the results of the research, a decision can be made in a simple linear regression test, namely the coefficient of X is positive, it can be concluded that the interpersonal communication variable has a positive and significant effect on the learning outcome variable of students at SD Negeri 2 Kalianda. Keyword: Interpersonal communication, study result, teacher, student

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 07:42
Terakhir diubah: 27 May 2022 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61851

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir