PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN RESIDU NITROGEN JANGKA PANJANG TERHADAP LAJU DEKOMPOSISI SERASAH PADA PERTANAMAN KACANG TUNGGGAK (Vigna unguiculata L).

Andre Dwi Wahyudi, 1414121027 (2021) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN RESIDU NITROGEN JANGKA PANJANG TERHADAP LAJU DEKOMPOSISI SERASAH PADA PERTANAMAN KACANG TUNGGGAK (Vigna unguiculata L). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ANDRE - Resti Farida.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI-FULL-ANDRE - Resti Farida.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2437Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI-TANPA-PEMBAHASAN-ANDRE - Resti Farida.pdf

Download (2242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Upaya untuk memperoleh pertumbuhan dan produksi yang optimal perlu teknik budidaya yang tepat, salah satunya adalah pengolahan tanah dan pemanfaatan residu Nitrogen (N) jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem olah tanah dan residu N jangka panjang terhadap laju dekomposisi serasah jagung dan kedelai pada pertanaman kacang tunggak dan interaksi keduanya. Penelitian ini terdiri dari 3 Perlakuan dan 4 ulangan, disusun dalam Rancangan Acak kelompok (RAK). Faktor pertama adalah sistem olah tanah yang terdiri dari Tanpa Olah Tanah, Olah Tanah Minimum, Olah Tanah Intensif. Faktor kedua yaitu, Residu 200 kg N ha-1, dan residu 0 kg N ha-1. Faktor ketiga yaitu, Serasah Jagung dan Serasah Kedelai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses dekomposisi serasah jagung dan kedelai pada perlakuan tanpa olah tanah dan residu 200 kg N ha-1 lebih cepat mengalami proses dekomposisi dibandingkan perlakuan lainnya. Hal ini berkaitan dengan pengolahan kembali pada lahan TOT sehingga memacu mineralisasi bahan organik tanah dan melepasakan hara yang dibutuhkan dan tersedia bagi tanaman. Selain itu pada lahan TOT menggunakan prinsip pengembalian sisa tanaman sebagai mulsa, sehingga akan meningkatkan kualitas tanah dan meningkatkan kelembaban, ketersedian air tanah, sehingga dapat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme tanah dalam proses dekomposisi. Kata kunci: Dekomposisi serasah, Olah tanah, residu N

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 07:02
Terakhir diubah: 27 May 2022 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61884

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir