ANALISIS KESEHATAN HUTAN DALAM PENGELOLAAN REPONG DAMAR (STUDI KASUS DI PEKON PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT)

CICI DORIA, 1714151036 (2022) ANALISIS KESEHATAN HUTAN DALAM PENGELOLAAN REPONG DAMAR (STUDI KASUS DI PEKON PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2650Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2611Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK ANALISIS KESEHATAN HUTAN DALAM PENGELOLAAN REPONG DAMAR (STUDI KASUS DI PEKON PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT) oleh CICI DORIA Repong damar merupakan suatu sistem pengelolaan sumberdaya alam yang dikelola langsung oleh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. Pola penanaman dalam repong damar adalah agroforestri. Disisi lain, kondisi kesehatan hutan repong damar sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan ekosistem repong damar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai parameter indikator produktivitas dan biodiversitas fauna, serta nilai status kesehatan hutan repong damar. Penelitian dilaksanakan di hutan repong damar Pekon Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah, pada bulan Februari 2021. Pengukuran dilakukan menggunakan metode Forest Health Monitoring (FHM) pada lima klaster plot. Penentuan jumlah klaster plot menggunakan purposive sampling. Penilaian status kesehatan hutan repong damar menggunakan software Sistem Informasi Penilaian Kesehatan Hutan (SIPUT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai parameter indikator produktivitas rata-rata sebesar 0,28 m2 (tinggi). Hal ini disebabkan oleh umur tanaman, jarak tanam, iklim, tanah, dan faktor pengelolaan. Adapun nilai parameter indikator biodiversitas fauna rata-rata sebesar 0,20 (tinggi). Hal ini disebabkan oleh jenis vegetasinya yang cukup bervariasi. Nilai status kesehatan hutan repong damar dengan nilai ambang batas 1,88-3,28 dengan nilai rata-rata sebesar 2,23 (sedang). Dengan demikian, nilai parameter indikator produktivitas, biodiversitas fauna, dan nilai status kesehatan hutan repong damar berada pada kategori sedang. Kata Kunci: biodiversitas fauna, kesehatan hutan, produktivitas, repong damar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2203463887 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:15
Terakhir diubah: 02 Jun 2022 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61922

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir