SERLLY MUCHTAR DJALIL, 1714131005 (2021) ANALISIS PREFERENSI, PERMINTAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN RUMAH TANGGA DALAM PEMBELIAN GULA PASIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital (17).pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (53).pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (53).pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji preferensi konsumen rumah tangga terhadap atribut-atribut gula pasir, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan konsumen rumah tangga terhadap gula pasir, (3) dan tingkat kepuasan konsumen rumah tangga terhadap gula pasir di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei di Kecamatan Tanjung Karang Barat, Way Halim, Tanjung Karang Timur dan Kemiling yang melibatkan 100 ibu rumah tangga konsumen gula pasir dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Tujuan pertama dianalisis menggunakan metode analisis konjoin, tujuan kedua dianalisis menggunakan regresi linier berganda, dan tujuan ketiga dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) serta Importance Performance Analysis (IPA). Pengumpulan data dilaksanakan dari bulan Januari hingga Maret 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang disukai oleh konsumen gula pasir yaitu gula pasir kemasan berukuran satu kilogram dengan tekstur butiran gula pasir yang halus dan bewarna putih dengan kisaran harga mulai dari Rp11.500 hingga Rp13.000 per kilogram. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan gula pasir yaitu harga gula pasir dan jumlah anggota keluarga. Nilai kepuasan konsumen gula pasir tertinggi yaitu merek Rosebrand sebesar 86,15 diikuti dengan Gulaku yaitu 85,37 persen sehingga termasuk dalam kategori sangat puas. Atribut yang perlu dipertahankan produsen gula pasir yaitu atribut kemudahan memperoleh gula pasir, kebersihan gula pasir, ketersediaan tanggal kadaluarsa, label halal, dan izin BPOM. Kata kunci : Gula pasir, Kepuasan, Permintaan, Preferensi. This study aims to (1) examine household consumer preferences for sugar attributes, (2) what factors influence household consumer demand for granulated sugar, (3) and the level of household consumer satisfaction with granulated sugar in Indonesia. Bandar Lampung City. This study uses a survey method in the Districts of Tanjung Karang Barat, Way Halim, Tanjung Karang Timur and Kemiling involving 100 housewives who consume sugar using multistage random sampling technique. The first objective was analyzed using conjoint analysis method, the second objective was analyzed using multiple linear regression, and the third objective was analyzed using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA). Data collection was carried out from January to March 2021. The study reveals that the attributes favored by white sugar consumers are one kilogram sugar pack with fine texture of white sugar and white in color with price ranging from Rp 11.500 to Rp 13.000 per kilogram. The factors that affecting the demand for white sugar are the price of white sugar and the number of family members. The highest CSI is for Rosebrand sugar at 86,15 percent followed by Gulaku sugar at 85,37 percent, showing that consumer are very satisfied. Attributes that need to be maintained by sugar producers are availability of white sugar, cleanliness of white sugar, mark of expired dates, halal label, and BPOM permit. Keywords : Sugar, Satisfaction, Demand, Preference.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 27 May 2022 08:52 |
Terakhir diubah: | 27 May 2022 08:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61970 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |