INTERAKSI SIMBOLIK DALAM TRADISI TEA PAI PADA PERNIKAHAN ADAT TIONG HOA (Studi pada Masyarakat Etnik Tiong Hoa di Kota Bandar Lampung)

Phoebe Sheryl Sarisin, 1416031100 (2021) INTERAKSI SIMBOLIK DALAM TRADISI TEA PAI PADA PERNIKAHAN ADAT TIONG HOA (Studi pada Masyarakat Etnik Tiong Hoa di Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Phoebe Sheryl Sarisin.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Phoebe Sheryl Sarisin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Phoebe Sheryl Sarisin.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi simbolik yang terjadi dalam tradisi Tea Pai yang dilakukan pada pernikahan adat Tiong Hoa. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini menggunakan dua jenis data, diantaranya sumber data primer seperti narasumber dan observasi; sekunder seperti berkas dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan penelitian mengenai interaksi simbolik dalam tradisi Tea Pai pada pernikahan adat Tiong Hoa dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi Tea Pai memiliki makna (mind) yang terdiri dari latar belakang terjadinya tradisi Tea Pai dan simbol yang terkandung dalam tradisi Tea Pai, konsep diri (self) dimana pasangan menganggap diri bahwa mereka merupakan bagian dari keluarga besar kedua belah pihak serta siap untuk melayani dan menghormati keluarga kedua belah pihak, dan hubungan antara individu dan masyarakat (society) dimana terdapat pandangan bahwa tradisi Tea Pai wajib atau tidak untuk dilakukan di kota Bandar Lampung. Kata kunci: Interaksi Simbolik, tradisi Tea Pai This research aims to find out how the symbolic interactions that occur in Tea Pai tradition are carried out at Tiong Hoa traditional wedding. The research method in this study uses a qualitative research type. The data sources of this research used two types of data, including primary data sources such as informants and observation; secondary data such as files and documentations. The data in this research that researcher used technics of interview, documentation and observation. Based on research on symbolic interaction in Tea Pai tradition at a traditional wedding using the theory of symbolic interaction. In this research it can be concluded that the Tea Pai tradition have mind which consist of the background of the Tea Pai tradition and the symbols contained in the Tea Pai tradition, self where the couple considers themselves that they are the part of a large family of both couple then ready to serve and respect the families of both couple, and society where there are two views that the Tea Pai tradition is mandatory or not to be carried out in the city of Bandar Lampung. Keywords: Symbolic Interaction, The Tea Pai Tradition

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 09:23
Terakhir diubah: 27 May 2022 09:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir