EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Nurul Istiqomah, 1513024079 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - NURUL ISTIQOMAH (1).pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi tanpa Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2515Kb)
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi tanpa pembahasan dan Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf

Download (2516Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi melalui aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu One-Group Pretest- Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa nilai pretes-postes keterampilan berpikir kritis berupa 10 soal berbentuk essay, sedangkan kuesioner tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berisi 10 pernyataan. Nilai pretes dan postes peserta didik dianalisis dengan N-gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretes 46 dengan standar deviasi 8,4 dan postest 66 dengan standar deviasi 9,3. Proporsi nilai N-gain keterampilan berpikir kritis yaitu 3% kategori tinggi, 69% kategori sedang dan 28% kategori rendah. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,32; membangun keterampilan dasar 0,39; menyimpulkan 0,42; memberikan penjelasan lanjut 0,30; strategi dan taktik 0,46. Diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang, perolehan N- gain sebesar 0,37. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan cukup baik secara keseluruhan. Kata kunci: Diskusi, Google Classroom, keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 09:21
Terakhir diubah: 27 May 2022 09:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61991

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir