Nurul Istiqomah, 1513024079 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - NURUL ISTIQOMAH (1).pdf Download (41Kb) | Preview |
|
File PDF
Full Skripsi tanpa Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf Restricted to Hanya staf Download (2515Kb) |
||
|
File PDF
Full Skripsi tanpa pembahasan dan Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf Download (2516Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi melalui aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu One-Group Pretest- Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa nilai pretes-postes keterampilan berpikir kritis berupa 10 soal berbentuk essay, sedangkan kuesioner tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berisi 10 pernyataan. Nilai pretes dan postes peserta didik dianalisis dengan N-gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretes 46 dengan standar deviasi 8,4 dan postest 66 dengan standar deviasi 9,3. Proporsi nilai N-gain keterampilan berpikir kritis yaitu 3% kategori tinggi, 69% kategori sedang dan 28% kategori rendah. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,32; membangun keterampilan dasar 0,39; menyimpulkan 0,42; memberikan penjelasan lanjut 0,30; strategi dan taktik 0,46. Diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang, perolehan N- gain sebesar 0,37. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan cukup baik secara keseluruhan. Kata kunci: Diskusi, Google Classroom, keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:21 |
Terakhir diubah: | 27 May 2022 09:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61991 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |