EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Nurul Istiqomah, 1513024079 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - NURUL ISTIQOMAH (1).pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Full Skripsi tanpa Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2515Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Full Skripsi tanpa pembahasan dan Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf

Download (2516Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi melalui aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu One-Group Pretest- Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa nilai pretes-postes keterampilan berpikir kritis berupa 10 soal berbentuk essay, sedangkan kuesioner tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berisi 10 pernyataan. Nilai pretes dan postes peserta didik dianalisis dengan N-gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretes 46 dengan standar deviasi 8,4 dan postest 66 dengan standar deviasi 9,3. Proporsi nilai N-gain keterampilan berpikir kritis yaitu 3% kategori tinggi, 69% kategori sedang dan 28% kategori rendah. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,32; membangun keterampilan dasar 0,39; menyimpulkan 0,42; memberikan penjelasan lanjut 0,30; strategi dan taktik 0,46. Diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang, perolehan N- gain sebesar 0,37. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan cukup baik secara keseluruhan. Kata kunci: Diskusi, Google Classroom, keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 09:21
Terakhir diubah: 27 May 2022 09:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61991

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir