Nurul Istiqomah, 1513024079 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
FIle PDF
ABSTRAK - NURUL ISTIQOMAH (1).pdf Download (41Kb) | Preview |
|
FIle PDF
Full Skripsi tanpa Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf Restricted to Hanya staf Download (2515Kb) |
||
|
FIle PDF
Full Skripsi tanpa pembahasan dan Lampiran - NURUL ISTIQOMAH.pdf Download (2516Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi melalui aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu One-Group Pretest- Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa nilai pretes-postes keterampilan berpikir kritis berupa 10 soal berbentuk essay, sedangkan kuesioner tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berisi 10 pernyataan. Nilai pretes dan postes peserta didik dianalisis dengan N-gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretes 46 dengan standar deviasi 8,4 dan postest 66 dengan standar deviasi 9,3. Proporsi nilai N-gain keterampilan berpikir kritis yaitu 3% kategori tinggi, 69% kategori sedang dan 28% kategori rendah. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,32; membangun keterampilan dasar 0,39; menyimpulkan 0,42; memberikan penjelasan lanjut 0,30; strategi dan taktik 0,46. Diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang, perolehan N- gain sebesar 0,37. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan cukup baik secara keseluruhan. Kata kunci: Diskusi, Google Classroom, keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:21 |
Terakhir diubah: | 27 May 2022 09:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61991 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |