STRATEGI BUDAYA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN DALAM TRADISI MOSOK DI KELURAHAN JAGABAYA I KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG (Skripsi)

Oleh ADE NURSEVITA, 1513033050 (2021) STRATEGI BUDAYA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN DALAM TRADISI MOSOK DI KELURAHAN JAGABAYA I KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG (Skripsi). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ade Nursevita.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Ade Nursevita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3470Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Ade Nursevita.pdf

Download (3438Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK STRATEGI BUDAYA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN DALAM TRADISI MOSOK DI KELURAHAN JAGABAYA I KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG Oleh Ade Nursevita 1513033050 Tradisi mosok adalah pemberian suapan dan pemberian gelagh amai inai kepada pengantin. Tradisi mosok memiliki arti penting sebagai penyampaian pesan kasih sayang dari keluarga, terutama ibu kepada anaknya. Namun, terdapat permasalahan bahwa kemungkinan syarat tidak terpenuhi dan tradisi mosok berpotensi tidak dilaksanakan. Hal ini dikarenakan tidak semua keluarga merupakan keluarga yang besar untuk melengkapi syarat pemberi suapan. Selain itu, perkembangan zaman juga mendesak tradisi mosok untuk lebih fleksibel dalam waktu dan tempat pelaksanaan. Benda perlengkapan dalam tradisi mosok juga mengalami penambahan yang dikhawatirkan akan merubah makna. Berbagai permasalahan di atas dapat mempengaruhi keberlangsungan tradisi mosok. Namun, masyarakat Lampung memiliki strategi budaya dalam melaksanakan tradisi mosok guna mengatasi permasalahan yang ada. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah agar mengetahui bagaimana strategi budaya masyarakat Lampung pepadun dalam tradisi mosok di Kelurahan Jagabaya I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi budaya yang dilakukan masyarakat Kelurahan Jagabaya I dalam mempertahankan tradisi mosok yakni (1) Mengubah cara untuk memenuhi syarat tradisi mosok pada pemberi suapan dengan menggantikan pemberi suapan apabila tidak ada, (2) Mengedepankan fleksibilitas untuk menyesuaikan modernisasi pada tempat dan waktu pelaksanaan tradisi mosok, (3) Menerima perubahan dan penambahan benda perlengkapan yang tetap sesuai makna. Strategi budaya yang dilakukan masyarakat berimplikasi terhadap keberlangsungan tradisi mosok sehingga senantiasa dilaksanakan. Kata Kunci: Tradisi Mosok, Strategi Budaya, Masyarakat Lampung Pepadun

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 03:20
Terakhir diubah: 30 May 2022 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir