PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERPRAKTIKUM MENGGUNAKAN MEDIA ANALISIS TRACKER PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK (Skripsi) Oleh

AYU NURJANAH NPM 1713022035, NPM 1713022035 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERPRAKTIKUM MENGGUNAKAN MEDIA ANALISIS TRACKER PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK (Skripsi) Oleh. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT AYU.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL -AYU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1809Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - AYU.pdf

Download (1310Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERPRAKTIKUM MENGGUNAKAN MEDIA ANALISIS TRACKER PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK Oleh AYU NURJANAH Pembelajaran materi tumbukan secara daring menggunakan tracker, dapat dilakukan untuk membantu peserta didik berpraktikum dalam pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan media analisis tracker dalam praktikumnya, untuk membantu peserta didik dalam melakukan pelacakan gerak benda secara lebih presisi dan akurat hingga menemukan konsep dan persamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berpraktikum menggunakan media analisis tracker berbasis inkuiri terbimbing pada materi tumbukan terhadap kemampuan interpretasi grafik peserta didik. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Bintang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Bintang. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pembalajaran dilakukan secara daring yang didalamnya peserta didik melakukan kegiatan praktikum tumbukan lenting sebagian berbasis inkuiri terbimbing, kemudian mengolah data percobaan dengan menganalisis video percobaan menggunakan media analisis tracker. Data kemampuan interpretasi grafik peserta didik diperoleh dari proses pembelajaran berupa pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, maka diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran daring berpraktikum dengan menggunakan media analisis tracker terhadap kemampuan interpretasi grafik peserta didik. Selain itu, hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 039 dengan kenaikan 31% sehingga menujukan terdapat peningkatan kemampuan interpretasi grafik peserta didik setelah diberikan treatmen dengan kategori sedang. Kata kunci: Aplikasi Tracker, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Interpretasi Grafik, Pembelajaran Daring, Tumbukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 03:25
Terakhir diubah: 30 May 2022 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62044

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir