EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID

RIZKA LEONITA WIBOWO, 1753023007 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak - Rizka Leonita Wibowo.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full - Rizka Leonita Wibowo.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Full Tanpa Bab Pembahasan - Rizka Leonita Wibowo.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID Oleh RIZKA LEONITA WIBOWO Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio visual berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Efektivitas penggunaan media audio visual berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen yang menggunaakan media audio visual berbasis problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol yang hanya menggunakan model problem based learning tanpa media audio visual. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan effect size. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa pengaruh media audio visual berbasis problem based learning lebih tinggi dibandingkan pengaruh model pembelajaran problem based learning tanpa media audio visual. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual berbasis problem based learning berpengaruh besar dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. Kata kunci: efektivitas, media audio visual, problem based learning, kemampuan berpikir kritis, koloid.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 03:15
Terakhir diubah: 30 May 2022 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62053

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir