PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA KELAS X

RATNA WULANDARI PUTRI, 1613041038 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA KELAS X. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ratna Ladyrose.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Ratna Ladyrose.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Ratna Ladyrose.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalahpengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dan kelayakannya sebagai materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dan kelayakannya sebagai materi ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D). Metode ini diadopsi dari teori Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah. Akan tetapi, penelitian ini hanya memodifikasi metode tersebut menjadi enam langkah, observasi dan pengumpulan informasi, perencanaan (perancangan produk), pelaksanaan (pengembangan produk), uji produk (uji ahli materi dan uji praktisi/guru Bahasa Indonesia), revisi produk, dan produk akhir. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan penyebaran angket. iii Hasil penelitian ini membuat sebuah produk LKPD dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dengan menggunakan enam langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi (pengumpulan informasi), perencanaan produk, pengembangan produk, uji produk, revisi produk, produk akhir. Hasil uji kelayakan dari ahli materi dan praktisi didapatkan hasil skor 6,99 dengan total persentasi dari keduanya sebesar 87. 5%. Rincian hasil tersebut dijabarkan masing-masing oleh ahli materi didapatkan skor rata-rata 3,30 kategori sangat layak dengan persentase 82,5% sedangkan uji praktisi didapatkan skor rata-rata 3,69 kategori sangat layak dengan persentase 92,25%. Kata kunci :pengembangan, lkpd, discovery learning, teks biografi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 May 2022 02:58
Terakhir diubah: 30 May 2022 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62060

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir