PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Nisa’ul Mutoharoh, 1413022052 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (1585Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran abad 21 menuntut siswa agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), selain itu diperlukan juga pengembangan sikap ilmiah siswa, namun pada kenyataannya upaya peningkatan HOTS dan sikap ilmiah belum didukung sepenuhnya dengan proses pembelajaran yang baik. Standar proses mengamanatkan model pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran fisika salah satunya, yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dampak model PBL terhadap kemampuan HOTS dan sikap ilmiah siswa, serta mengetahui adanya hubungan antara sikap ilmiah dengan HOTS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Life Skills Kesuma Bangsa Natar, pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest design. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas XI MIA SMA Life Skills Kesuma Bangsa Natar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan HOTS, dan sikap ilmiah siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran PBL memiliki pengaruh terhadap HOTS siswa, yaitu ditandai dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 kategori tinggi, dan hasil uji Paired Sample T- test, (2) Model pembelajaran PBL memiliki pengaruh terhadap sikap ilmiah siswa, yaitu ditandai dengan nilai rata-rata hasil angket sebesar 79,7 kategori baik, (3) ada hubungan antara sikap ilmiah dan HOTS siswa, yaitu ditandai dengan hasil uji analisis korelasi pearson sebesar 0,584 berkekuatan sedang. Artinya semakin tinggi sikap ilmiah siswa maka semakin tinggi kemampuan HOTSnya. Kata kunci: Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills, Sikap Ilmiah, Fluida Statis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 30 May 2022 07:04
Terakhir diubah: 30 May 2022 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62122

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir