IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER YANG TERKANDUNG DALAM STREPTOMYCES SP. STRAIN INACC A497 DAN AB8 SEBAGAI KANDIDAT ANTIMALARIA

Jihan Fikra Angelia, 1717021033 (2021) IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER YANG TERKANDUNG DALAM STREPTOMYCES SP. STRAIN INACC A497 DAN AB8 SEBAGAI KANDIDAT ANTIMALARIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Jihan Fikra Angelia.pdf

Download (1962Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Jihan Fikra Angelia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2280Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Jihan Fikra Angelia.pdf

Download (2280Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Malaria merupakan masalah kesehatan utama yang terjadi di masyarakat. Salah satu upaya untuk mengurangi penularan malaria adalah pemberian obat antimalaria. Namun penggunaan obat yang tidak sesuai standar menyebabkan resistensi terhadap Plasmodium. Kondisi ini memicu eksplorasi berbagai senyawa alam guna mencegah penyakit malaria. Streptomyces merupakan salah satu genus dari aktinomisetes yang terdistribusi luas di alam dan paling banyak terdapat di tanah. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa senyawa metabolit sekunder yang berasal dari Streptomyces sp. diketahui memiliki aktivitas antimalaria. Namun informasi terkait senyawa metabolit sekunder dari ekstrak Streptomyces sp. strain InaCC A497 dan AB8 sebagai antimalaria belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam Steptomyces sp. strain InaCC A497 dan AB8 sebagai kandidat antimalaria. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pengujian senyawa metabolit sekunder yang dilakukan melalui uji senyawa kimia, uji kromatografi lapis tipis (KLT), Fourier Transform Infra Red (FT-IR), dan Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS). Hasil uji senyawa kimia dan analisis FT-IR ekstrak Streptomyces sp. InaCC A497 mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, dan triterpenoid, sedangkan ekstrak Streptomyces sp. AB8 mengandung alkaloid dan tanin. Pada uji KLT, Streptomyces sp. InaCC A497 menghasilkan nilai Rf sebesar 0,257 dan Streptomyces sp AB8 sebesar 0,314. Berdasarkan uji GC-MS, Streptomyces sp. InaCC A497 menghasilkan senyawa acetid acid, ethyl esther termasuk golongan ester dan 1,2-benzenedicarboxylic acid, dioctyl ester termasuk golongan alkaloid. Streptomyces sp. AB8 menghasilkan senyawa 2-pentadecyn-1-ol termasuk golongan alkohol aromatis dan cochlioquinone A termasuk golongan kuinon. Kedua isolat mengandung senyawa yang memiliki aktivitas antimalaria. Kata kunci: Metabolit Sekunder, Streptomyces sp., Antimalaria, Kandungan Senyawa, KLT, FT-IR, GC-MS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 07:51
Terakhir diubah: 30 May 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir