Vu Ngoc Thuy Trinh, 1713041062 (2021) PELAFALAN BUNYI KONSONAN BAHASA INDONESIA OLEH MAHASISWA PENUTUR BAHASA VIETNAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BIPA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_VU NGOC THUY TRINH_1713041062 - Trinh Vũ.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
File PDF
FULL SKRIPSI_VU NGOC THUY TRINH_1713041062 - Trinh Vũ.pdf Restricted to Hanya staf Download (686Kb) |
||
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_VU NGOC THUY TRINH_1713041062 - Trinh Vũ.pdf Download (541Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pelafalan bunyi konsonan bahasa Indonesia mahasiswa penutur bahasa Vietnam. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pelafalan bunyi konsonan bahasa Indonesia mahasiswa penutur bahasa Vietnam dan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran BIPA untuk keterampilan berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data ini ialah mahasiswa penutur bahasa Vietnam yang sedang mengikuti kuliah di Jurusan Studi Indonesia, Fakultas Studi Oriental, Ho Chi Minh City University of Social Sciences and Humanities (VNUHCM-USSH). Data penelitian ini berupa pelafalan bunyi konsonan bahasa Indonesia mahasiswa penutur bahasa Vietnam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen penelitian yang berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelafalan bunyi konsonan bahasa Indonesia mahasiswa penutur bahasa Vietnam ada yang sesuai dengan artikulasi bahasa Indonesia dan ada yang tidak sesuai dengan artikulasi bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran BIPA, khususnya pembelajaran berbicara bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar mampu menyampaikan berita yang diperoleh dari teks sebagai bahan ancangan materi ajar. Kata kunci: pelafalan, konsonan bahasa Indonesia, mahasiswa penutur bahasa Vietnam The problem in this research is how to pronounce the Indonesian consonant sounds of Vietnamese-speaking students. Therefore, the purpose of this study is to describe the pronunciation of Indonesian consonant sounds of Vietnamese- speaking students and the implications of the results of this study on BIPA learning for speaking skills. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The data sources are the Vietnamese-speaking students who are currently studying at the Department of Indonesian Studies, Faculty of Oriental Studies, Ho Chi Minh City University of Social Sciences and Humanities (VNUHCM-USSH). This data research is the pronunciation of Indonesian consonant sounds of Vietnamese- speaking students. Data collection techniques use observation with a research instrument in the form of tests. The results of this research show that the Indonesian consonant sounds pronunciation of Vietnamese-speaking students have some that are in accordance with the Indonesian articulation and some that are not in accordance with the Indonesian articulation. The results of this study are implied in BIPA learning, especially studying to speak Indonesian with Basic Competencies able to convey news obtained from texts as a design of teaching materials. Kata kunci: pronunciation, Indonesian language consonant, Vietnamese-speaking students
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 30 May 2022 07:52 |
Terakhir diubah: | 30 May 2022 07:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62159 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |