PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG KELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19

ZENITHA NURUL JANNATY, 1713043032 (2021) PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG KELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Zenitha Nurul Jannaty.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Zenitha Nurul Jannaty.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3953Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Zenitha Nurul Jannaty.pdf

Download (3953Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran tari Bedana pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya, dan 15 siswa kelas X IPA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian penggunaan video tutorial di SMA N 1 Banjar Agung dilakukan selama empat kali pertemuan, terdapat dua tahap penggunaan video tutorial, yang pertama tahapan persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran, selanjutnya tahap implementasi. Pada pelaksanaan pembelajaran tidak semua siswa memperagakan gerak dengan benar seperti yang terdapat dalam video tutorial, guru kembali menjelaskan ulang ragam gerak secara demonstrasi kepada siswa. Media video tutorial tidak efektif digunakan pada penelitian ini, media tidak selalu dilibatkan dalam setiap pertemuan. Guru tetap berperan penting dalam pembelajaran, yang membuat media pembelajaran tidak sesuai dengan fungsi yang diharapkan yaitu sebagai substitusi (pengganti) guru mengajar di dalam kelas. Selanjutnya, faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu video tutorial mudah diakses, waktu belajar lebih fleksibel, dapat diulang-ulang, gerak pada model jelas, kualitas video yang baik, lebih kondusif. Selanjutnya faktor penghambat penggunaan media dalam pembelajaran yaitu isi video tutorial kurang interaktif, hanya memperagakan dari satu arah, serta pergantian antar gerak tidak detail. Kata kunci: Media video tutorial, Pembelajaran, dan Tari Bedana This reseach aimed to describe the use of video tutorials as a media for learning bedana dance during the Covid-19 pandemic and to find out the supporting factors and inhibiting factors for the use of video tutorial media in the learning process. The approach in this research was descriptive with the type of qualitative research. The theory used in this research was constructivist theory. The data sources in this study were teachers of arts and culture subjects, and 15 students of class X IPA 4 SMA N 1 Banjar Agung. Data collection techniques used include observation, interviews and documentation. The data analysis technique used includes the data reduction stage, the data presentation stage and the verification stage. The results of the study using video tutorials at SMA N 1 Banjar Agung were carried out for four meetings, with the preparatory stages carried out by the teacher before learning. Next was the implementation stage, in the implementation stage the teacher introduced the media, then distributed the video tutorial, after distributing the teacher asked the students to study the content of the video tutorial at home, and presented the variety of motion with the correct count and provides an evaluation of the motion. Video tutorials could be used as a media for learning the practice of Bedana dance. However, in using it must be done with a high frequency, namely the video is often played (both inside and outside the classroom), then the teacher monitored the individual students in studying the content of the video. And the use of video tutorials required a complement, namely re-explanation by the teacher. Supporting factors in learning were easily accessible video tutorials, more flexible learning time, can be repeated, motion on the model is clear, video quality is good, more conducive. The inhibiting factor in learning is that the content of the video tutorial is less interactive, only demonstrating from one direction, and the change between movements is not detailed. Keywords: Learning, Video Tutorials, and Bedana Dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 07:53
Terakhir diubah: 30 May 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir