BAHRI HIDAYAT, 1713053088 (2021) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 METRO BARAT. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Bahri Hidayat_1713053088(1) - Bahri Hidayat.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Full Tanpa Bab 4_Bahri Hidayat_1713053088 - Bahri Hidayat.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
Skripsi Full Tanpa Bab 4_Bahri Hidayat_1713053088 - Bahri Hidayat.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 37. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling ordinal pairing dengan jumlah sampel 36. Alat pengumpul data menggunakan tes dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan t-tes separated varians, dengan signifikansi 0,05 (5%) dan persentase keterlaksanaan aktivitas pendidik sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Kata kunci: hasil belajar matematika, pendekatan pendidikan matematika realistik. The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 1 Metro Barat. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect of a realistic mathematics education approach on students' mathematics learning outcomes. This type of research is experimental research. This research design is non-equivalent control group design. The research population was 37 grade IV students. The sample was determined using ordinal pairing sampling technique with a sample of 36. The data collection tools used tests and documentation studies. Hypothesis testing using simple linear regression formula and t-test separated variance, with a significance of 0.05 (5%) and the percentage of the implementation of educator activities is 75%. The results of this study indicate that there is a positive and significance of the realistic mathematics education approach to students' mathematics learning outcomes. Keyword: mathematics learning outcomes, realistic mathematics education approach.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 31 May 2022 02:38 |
Terakhir diubah: | 31 May 2022 02:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62223 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |