PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Erlis Miarti, 17230252014 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak-Pdf - erlis miarti SMPN 1 Pugung kab.tanggamus lampung.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Full Thesis - erlis miarti SMPN 1 Pugung kab.tanggamus lampung.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1048Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Full Thesis tanpa bab pembahasan new revisi - erlis miarti SMPN 1 Pugung kab.tanggamus lampung.pdf

Download (550Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model Argument-Driven Inquiry (ADI) yang valid untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa serta mendeskripsikan kevalidan LKS, kepraktisan LKS, dan efektivitas LKS. Desain penelitian pengembangan ini diadopsi dari Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974). Kevalidan LKS hasil pengembangan ditunjukkan dengan hasil validasi ahli yang meliputi aspek kesesuaian isi dan konstruksi. Kepraktisan LKS dilihat dari keterlaksanaan LKS dan respon siswa. Efektivitas LKS model Argument-Driven Inquiry (ADI) dilihat berdasarkan peningkatan nilai pretest dan postest, yang dalam hal ini dilihat dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX4 sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji perbedaan dua rata-rata dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS model Argument-Driven Inquiry (ADI) yang dikembangkan memiliki tingkat validitas isi dan konstruksi yang tergolong sangat valid (= 100%). Dari aspek kepraktisan LKS dilihat dari keterlaksanaan LKS berkriteriatinggi (= 70,2%) dan respon siswa yang tergolong positif (= 100%). Efektivitas LKS dilihat dari peningkatan nilai pretest dan postest, yang dalam hal ini dilihat dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Erlis Miarti Peningkatan keterampilan berpikir kritis dapat dilihat dari N-gain. Pada kelas eksperimen, N-gain yang diperoleh adalah sebesar 0,36 dan untuk kelas kontrol N-gain sebesar 0,10, sehingga berkriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, maka LKS model Argument-Driven Inquiry (ADI) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Lembar kerja siswa, Argument-Driven Inquiry (ADI), keterampilan berpikir kritis. This study aims to develop a valid Argument-Driven Inquiry (ADI) model worksheet to improve students' critical thinking skills and to describe the validity of the worksheets, the practicality of the worksheets, and the effectiveness of the worksheets. This development research design was adopted from Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974). The validity of the developed LKS is demonstrated by the results of expert validation which includes aspects of the suitability of content and construction. The practicality of the LKS is seen from the implementation of the LKS and student responses. The effectiveness of the Argument-Driven Inquiry (ADI) model worksheet is seen based on the increase in the pretest and posttest scores, which in this case is seen from the increase in students' critical thinking skills. The samples of this study were students of class IX3 as the experimental class and class IX4 as the control class. The students' critical thinking skills data obtained were analyzed using the normality test, the two-average difference test and the calculation of effect size. The results showed that the Argument-Driven Inquiry (ADI) model worksheet that was developed had a content and construction validity level that was classified as very valid (= 100%). From the practical aspect of LKS, it can be seen from the implementation of LKS with high criteria (= 70.2%) and student responses which are classified as positive (= 100%). The effectiveness of LKS is seen from the increase in the pretest and posttest scores, which in this case is seen from the increase in students' critical thinking skills. The improvement of critical thinking skills can be seen from the N-gain. In the experimental class, the N-gain obtained is 0.36 and for the control class the N-gain is 0.10, so the criteria are moderate. Erlis Miarti Based on these results, the Argument-Driven Inquiry (ADI) model worksheet is effective for improving students' critical thinking skills. Keywords: Student worksheets, Argument-Driven Inquiry (ADI), critical thinking skills.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 31 May 2022 07:21
Terakhir diubah: 31 May 2022 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62295

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir