UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO KEMILING BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kusim, Halimah (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO KEMILING BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (489Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3401Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini adalah 1) aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Kemiling pada mata pelajaran IPS masih kurang aktif, dan 2) hasil belajar siswa masih rendah. Terbukti dari 40 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 20 siswa atau 50%. KKM yang telah ditetapkan adalah 60. Perolehan hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran pakem terhadap siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Kemiling. 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran pakem terhadap siswa kelas IV di SDN 2 Sumberejo Kemiling. Teknik dan alat pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan panduan observasi dan tes menggunakan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian: 1) Siklus I rerata belajar siswa baru 69% yang melakukan aktivitas dengan kriteria aktif, siklus II rerata aktivitas belajar siswa mencapai 90% dengan kriteria sangat aktif. 2) Siklus I rata-rata hasil belajar siswa 64,33 yang tidak mencapai KKM 10 siswa. Pada siklus II yang tidak mencapai KKM ada 8 siswa dengan rata-rata nilai 73,00 dan siswa yang mencapai KKM 90% atau 32 siswa. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir