PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Indah Wijayanti, 1613053109 (2021) PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-dikonversi - indah wijayanti.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI tanpa pembahasan dan lampiran-dikonversi - indah wijayanti.pdf

Download (1276Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL tanpa Lampiran-dikonversi - indah wijayanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1498Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini bahwa pembentukan karakter peduli sosial dan karakter tanggung jawab belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pemanfaatan buku cerita bergambar untuk membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik kelas III di SD Negeri 1 Pisang Indah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel 27 wali murid peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan buku cerita bergambar untuk membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik mengalami peningkatan yang baik sehingga buku cerita bergambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembentukan karakter peserta didik. Kata kunci: buku cerita bergambar, karakter peduli sosial, karakter tanggung jawab. The problem of this research is that the formation of social care and responsibility characters has not been maximized. The purpose of this study is to describe the use of picture story books to form the character of social care and responsibility for third grade students at public elementary school 1 Pisang Indah. This research is a qualitative descriptive study with a sample of 27 student guardians. Data collection in this study used the triangulation method with observation, interview and documentation techniques. The results showed that the use of picture story books to form the character of social care and responsibility of students had a good increase so that optimal and picture story books should be used as an alternative in shaping the character of students. Keywords: picture story book, character social care, character responsibility.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 08:34
Terakhir diubah: 31 May 2022 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir