PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH DALAM LARUTAN CaCO3 TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.) PADA MEDIA TANAM YANG BERBEDA

ERICSON ULI LUMBAN GAOL, 1614121094 (2021) PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH DALAM LARUTAN CaCO3 TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.) PADA MEDIA TANAM YANG BERBEDA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK SKRIPSI ERICSON - Ericson Lgaol.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI ERICSON FULL - Ericson Lgaol.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1289Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI ERICSON FULL TANPA PEMBAHASAN - Ericson Lgaol_2.pdf

Download (1288Kb) | Preview

Abstrak

Pulp kakao mengandung kadar air dan gula yang tinggi sehingga menjadi media perkembangbiakan bagi mikroorganisme. Hal ini dapat mempengaruhi penurunan daya berkecambah benih dan mempercepat kerusakan benih. Oleh karena itu dilakukan penelitian lama perendaman benih kakao dalam larutan CaCO3 sebagai bahan peluruh pulp pada benih yang dikombinasikan dengan komposisi media tanam yang berbeda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman benih dalam larutan CaCO3 dan komposisi media tanam yang berbeda terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian dilakukan pada September hingga Desember 2020 di rumah plastik Desa Labuhan Dalam, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar lampung dan Laboratorium Benih, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, Gedong Meneng, Bandar Lampung. Penelitian menggunakan rancangan kelompok teracak sempurna (RKTS), pengelompokkan berdasarkan ukuran diameter buah. Faktor pertama lama perendaman benih kakao dalam larutan CaCO3 yang terdiri atas tanpa perendaman, lama perendaman 30, 60, 120, dan 240 menit. Faktor kedua komposisi media tanam yang terdiri atas campuran arang sekam + pupuk kandang, pasir + pupuk kandang, dan pasir + arang sekam + pupuk kandang. Homogenitas ragam diuji dengan uji Barlett, aditivitas data diuji dengan uji Tukey. Jika asumsi terpenuhi, data dianalisis ragam kemudian dilakukan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman benih kakao dalam larutan CaCO3 tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit, komposisi media tanam pasir + arang sekam + pupuk kandang memberikan hasil terbaik pada semua peubah yang diamati, dan tidak terjadi interaksi antara komposisi media tanam dan lama perendaman benih kakao terhadap pertumbuhan bibit. Kata kunci: Kakao, lama perendaman, larutan CaCO3, media tanam, pulp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 31 May 2022 08:35
Terakhir diubah: 31 May 2022 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62315

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir