PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI

Serly Hidayah, 1713032017 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ SERLY HIDAYAH - SERLI HIDAYAH.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL skripsi tanpa lampiran_Serly Hidayah - Serly Hidayah_2.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2754Kb)
[img]
Preview
File PDF
Full SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_SERLY HIDAYAH - Serly Hidayah.pdf

Download (2131Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis daring terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah Peserta Didik Kelas X dan XI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis daring terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi besarnya presentase pengaruhnya yaitu 32,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: Interactivity (Interaktivitas), Independency (kemandirian), Accesibility (Aksesbilitas) dan untuk variabel dependen (Y) yaitu Ketertarikan, Keterlibatan peserta didik, dan perasaan senang untuk belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis daring sebesar 32,1% terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Daring, Minat Belajar Peserta Didik The purpose of this study was to determine the effect of online-based learning on students' interest in learning in Civics learning at SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. The research method used in this study was a descriptive method with a quantitative approach. The research subjects were in Class X and XI students. The sample in this study amounted to 43 respondents. Data collection techniques used the main technique, namely questionnaires and supporting techniques, namely interviews. The tool for analyzing the data in this study was used SPSS version 24. The results showed that there was an influenced of online-based learning on students learning interest in Civics learning at SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, the percentage of the effect was 32,1% with the indicators of the independent variable (X), namely: Interactivity (Interactivity), Independence (independence), Accessibility and for the dependent variable (Y) namely Interest, Involvement of students, and feeling happy to learn. Thus it can be concluded that online-based learning is 32,1% of students' learning interest in Civics learning at SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Keywords: Online Based Learning, Students' Interest in Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:42
Terakhir diubah: 02 Jun 2022 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62349

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir