PENGARUH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM MENGGUNAKAN GADGET (Studi Pada Siswa Kelas 6 SDIKT Robbi Rodiah Kota Bandar Lampung)

Shafira Thidya Maharani, 1416031118 (2021) PENGARUH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM MENGGUNAKAN GADGET (Studi Pada Siswa Kelas 6 SDIKT Robbi Rodiah Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Shafira Maharani.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Shafira Maharani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3906Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL (TANPA PEMBAHASAN) - Shafira Maharani.pdf

Download (3257Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada tanggal 24 Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. Surat edaran ini berisi mengenai kebijakan peniadaan Ujian Nasional khusus untuk tahun 2020. Untuk memperkuat surat edaran ini, kemudian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Dalam surat edaran ini disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua. Pelaksanaan BDR dilakukan dengan online atau daring menggunakan gadget sebagai alat untuk belajar. Gadget merupakan alat komunikasi yang kerap digunakan untuk bertukar informasi secara langsung tanpa dibatasi oleh jarak. Menurut Osland (dalam Effendi, 2013:2) gadget merupakan sebuah istilah dalam Bahasa inggris yang berarti sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi. Terdapat berbagai jenis gadget yang kerap kita jumpai, antara lain komputer, laptop, tablet PC, dan smartphone. Menurut Sanjaya dan Wibowo (dalam Manumpil, 2015:2) gadget merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan kemampuan yang lebih baik dan fitur terbaru yang memiliki tujuan maupun fungsi lebih praktis dan juga lebih berguna. Seiring perkembangan pengertian gadget pun menjadi berkembang yang sering kali menganggap smartphone adalah sebuah gadget dan juga teknologi komputer ataupun laptop bila telah diluncurkan produk baru juga dianggap sebagai gadget. Dengan adanya proses belajar mengajar online atau yang biasa disebut school from home ini tentunya mengubah pola belajar anak. Sebelum adanya pandemi, anak-anak dapat bersekolah dan bertatap muka secara langsung di sekolah. Namun, ketika berlangsungnya pandemi dan kegiatan belajar-mengajar secara langsung dihentikan untuk sementara. Hal ini memaksa anak untuk beradaptasi dengan keadaan baru. Bukan hanya anak yang beradaptasi, melainkan orang tua juga harus beradaptasi dalam mendukung proses belajar-mengajar tetap berlangsung. Kata Kunci: Pandemi Covid 19, Perilaku Anak, Gadget On March 24, 2020, the Minister of Education and Culture of Indonesia, Nadiem Makarim issued a circular letter No. 4 of 2020 concerning the Implementation of Educational Policies in the emergency period of the spread of the Corona virus. This circular contains, , the policy of the abolition of the special National Examination for 2020. To reinforce this circular, then the Ministry of Education and Culturehas issued a circular No. 15 of 2020 on Guidelines Implementation Study From Home In Emergency Deployment Covid- 19. In this circular, it is stated that the purpose of implementing Learning From Home (BDR) is to ensure the fulfillment of the rights of students to obtain educational services during the Covid-19 emergency, protect education unit residents from the adverse effects of Covid- 19, prevent the spread and transmission of Covid-19 19 in the education unit and ensure the fulfillment of psychosocial support for educators, students, and parents. Implementation of the BDR is done with online, or online using the as a tool for learning. Gadget is a communication tool that is often used to exchange information directly without being limited by distance. According Osland (in Effendi, 2013: 2) gadget is a termthe inin English language that is meaningfula small electronic device with a variety of functions. There are various types of gadgets that we often encounter, including computers, laptops, tablet PCs, and smartphones. According to Sanjaya and Wibowo (in Manumpil, 2015: 2) gadget is an innovation from the latest technology with better capabilities and the latest features that have more practical goals and functions and are also more useful. Along with the development of the notion of gadgets, the concept of gadgets has also developed which often considers smartphones to be gadgets and computer or laptop technology when a new product is launched is also considered a gadget. [1] [2] With the online teaching and learning process or what is commonly called school from home, this certainly changes children's learning patterns. Before the pandemic, children could go to school and meet face to face at school. However, during the pandemic and teaching and learning activities were immediately suspended temporarily. It forces child to adapt to new circumstances. Not only children are adaptable, but parents also need to adapt to support theprocess learning persists. Kata Kunci: Pandemic Covid 19, Child Behaviour, Gadge

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:56
Terakhir diubah: 02 Jun 2022 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62379

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir