PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 1 KOTABARU BANDAR LAMPUNG

Arinza Regina Syuri, 1823011001 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 1 KOTABARU BANDAR LAMPUNG. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak - regina syuri.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL - regina syuri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3571Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TANPA PEMBAHASAN - regina syuri.pdf

Download (2757Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi dan potensi yang ada di SD Negeri 1 Kotabaru Bandar Lampung guna mengembangkan media pembelajaran komik pada pembelajaran tematik kelas V, menganalisis proses pengembangan media komik pembelajaran, menganalisis karakteristik hasil pengembangan media pembelajaran, serta menganalisis tanggapan pengguna terhadap penggunaan media pembelajaran Komik Daur Air. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) model Borg and Gall. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V A SD Negeri 1 Kotabaru Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kondisi yang ada di SD Negeri 1 Kotabaru Bandar Lampung yaitu rendahnya hasil belajar, tidak tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, dan belum pernah dikembangan media pembelajaran khususnya media komik. Sementara itu antusiasme yang tinggi dari siswa dan guru untuk memiliki media pembelajaran inovatif dan menarik, serta adanya dukungan dari kepala sekolah menjadi potensi yang baik. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,52 dengan keterangan valid. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 3,59 dengan keterangan valid. Artinya produk yang dikembangkan layak digunakan. Karakteristik produk media Komik Daur Air memiliki karakter dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, media Komik Daur Air dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik maupun digunakan dalam pembelajaran di kelas dengan bimbingan guru, media Komik Daur Air dicetak dalam bentuk buku komik berwarna dengan ukuran 14,8 x 21,0 cm berjumlah 20 halaman. Hasil uji tanggapan pengguna guru mendapatkan skor 84 dengan keterangan menarik. Hasil uji tanggapan pengguna siswa mendapatkan skor 90 dengan keterangan sangat menarik. Produk yang dikembangkan dinilai menarik dari segi isi materi, bahasa yang digunakan, dan kemenarikan desain secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan bisa digunakan dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Kotabaru Bandar Lampung. Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Komik, Pembelajaran Tematik This study aims to analyze the conditions and potentials that exist in the State Elementary School 1 Kotabaru Bandar Lampung in order to develop learning media for comics in class V thematic learning, analyze the process of developing learning comics media, analyze the characteristics of the results of the development of learning media, and analyze user responses to the use of media. Water Cycle Comics learning. The research method used is the Borg and Gall model of research and development. The subjects of the study were fifth grade teachers and fifth grade A students of State Elementary School 1 Kotabaru Bandar Lampung. Research data obtained through observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used descriptive statistics. The results showed that the existing conditions in State Elementary School 1 Kotabaru Bandar Lampung were low learning outcomes, unavailability of adequate facilities and infrastructure, and no learning media, especially comic media, had been developed. Meanwhile, the high enthusiasm of students and teachers to have innovative and interesting learning media, as well as the support from the principal is a good potential. The results of material expert validation obtained an average score of 3.52 with valid information. The results of media validation obtained an average score of 3.59 with valid information. This means that the product developed is feasible to use. Media characteristic the Air Cycle Comic media has characters that can be used anywhere and anytime, the Air Cycle Comics media can be used independently by students or used in classroom learning with teacher guidance, the Air Cycle Comics media is printed in the form of colored comic books. with a size of 14.8 x 21.0 cm totaling 20 pages. The results of the teacher user response test got a score of 84 with interesting information. The results of the student user response test got a score of 90 with very interesting information. The developed product is considered attractive in terms of the content of the material, the language used, and the overall attractiveness of the design. This shows that the developed product can be used in thematic learning for fifth grade students at State Elementary School 1 Kotabaru Bandar Lampung. Keywords: Research and Development, Media Learning Comic, Thematic Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:04
Terakhir diubah: 02 Jun 2022 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62434

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir