Ega Sasrie Pusba, 1723053016 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_EGA SASRIE PUSBA - Ega Sasrie Pusba.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
File PDF
FULL TESIS EGA SASRIE PUSBA - Ega Sasrie Pusba.pdf Restricted to Hanya staf Download (3868Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN EGA SASRIE PUSBA - Ega Sasrie Pusba.pdf Download (3694Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) berbasis strategi metakognitif pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah pendidik kelas V SD Al Kautsar yang berjumlah 3 pendidik yang sekaligus dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan Ananlisis Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Produk yang di hasilkan dalam penelitian ini adalah pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) berbasis strategi metakognitif, yaitu (1) planning; (2) Monitoring; dan (3) Evaluating. Produk Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) berbasis strategi metakognitif dikembangkan dengan menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall hanya sampai pada tahap 5 (lima), meliputi (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) rancangan produk; (3) validasi rancangan produk; (4) revisi produk, dan (5) validasi pengguna produk. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi menunjukkan hasil persentase 90,00% dengan kriteria sangat layak, serta divalidasi oleh pengguna yaitu pendidik kelas V SD Al Kautsar yang berjumlah 3 orang pendidik untuk mendukung pembentukan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas dengan perolehan skor rata-rata 3,58 dengan kriteria sangat layak. Kata kunci: berpikir kritis, LKPD, strategi metakognitif This study aims to develop a Student Worksheet based on metacognitive strategies on student’s critical thinking skill of class V primary school. The research method used is development research. The research population was the fifth grade educators at SD Al Kautsar, totaling 3 educators who were also used as samples. This study uses a qualitative descriptive analysis. Data collection techniques with documentation, observation, and questionnaires. The product produced in this research is the development of Student Worksheets (LKPD) based on metacognitive strategies, namely (1) planning; (2) Monitoring; and (3) Evaluating. Student Worksheet Products based on metacognitive strategies were developed using Borg and Gall's Research and Development (R&D) research and development procedures only up to stage 5 (five), including (1) identification of potentials and problems; (2) product design; (3) product design validation; (4) product revision, and (5) product user validation. The results of product development were validated by material experts showing the percentage results of 90.00% with very feasible criteria, and validated by users, namely fifth grade educators at Al Kautsar Elementary School, totaling 3 educators to support the formation of knowledge and critical thinking skills of students in the learning process in the classroom. with an average score of 3.58 with very decent criteria. Keywords: critical thinking, student’s worksheet, metacognitive strategies
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:02 |
Terakhir diubah: | 02 Jun 2022 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62440 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |