KEMITRAAN STRATEGIS AMERIKA SERIKAT, JEPANG, AUSTRALIA DAN INDIA DI KAWASAN INDO-PASIFIK DALAM THE QUADRILATERAL SECURITY DIALOGUE TAHUN 2017-2021

Vincensius Dion P. Ginting, 171601056 (2022) KEMITRAAN STRATEGIS AMERIKA SERIKAT, JEPANG, AUSTRALIA DAN INDIA DI KAWASAN INDO-PASIFIK DALAM THE QUADRILATERAL SECURITY DIALOGUE TAHUN 2017-2021. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1675Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1071Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis kemitraan strategis Amerika Serikat , Jepang, Australia dan India di kawasan Indo-Pasifik dalam The Quadrilateral Security Dialogue tahun 2017-2021. Adanya tren interaksi ekonomi dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik menimbulkan persaingan antar negara di kawasan Indo-Pasifik berdasarkan kepentingan masing-masing negara dan membuat kawasan tersebut menjadi rentan akan stabilitas politik dan keamanan. Berdasarkan hal tersebut, Amerika Serikat, Jepang, Australia dan India yang tergabung di dalam The Quadrilateral Security Dialogue (QSD) berinisiatif untuk menciptakan suatu konsep bernama free and open Indo-Pacific, walaupun dinilai bersifat provokatif dan mengganggu stabilitas kawasan. Melalui The Quadrilateral Security Dialogue, konsep tersebut diharapkan mampu menjadi norma dalam kawasan Indo-Pasifik, serta dapat meminimalisir konflik dengan nilai-nilai yang terkandung dalam konsep free and open Indo-Pacific. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Alignment untuk menjelaskan pola hubungan kerja sama negara-negara anggota QSD serta menggunakan konsep kemitraan strategis untuk menganalisis kerangka kerja sama QSD. Selain itu, konsep implementasi juga digunakan untuk menganalisis penerapan bidang-bidang kemitraan strategis dan alignment QSD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, QSD merupakan produk daripada terciptanya kompleksitas kawasan sekaligus sebagai bentuk alignment dari keempat negara untuk memperkuat konsep free and open Indo-Pacific yang dimplementasikan ke dalam berbagai bidang kerja sama keempat negara anggota QSD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
900 Sejarah dan Geografi > 904 Kumpulan peristiwa tertentu
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2203198999 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:21
Terakhir diubah: 02 Jun 2022 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62442

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir