PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL.NET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 KLATEN KECAMATAN GADINGREJO

Miranti, 1713053109 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL.NET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 KLATEN KECAMATAN GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Miranti.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Miranti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (869Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Miranti.pdf

Download (804Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi berbasis wordwall.net terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Klaten Kecamatan Gadingrejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian berjumlah 38 peserta didik dan sampel berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji nonparametrik yang tidak memerlukan asumsi data harus berdistribusi normal yaitu uji peringkat bertanda wilcoxon. Hasil perhitungan uji peringkat bertanda wilcoxon pada tingkat signifikansi 0,05 diperoleh Thitung<Ttabel yaitu 8<34. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media game edukasi berbasis wordwall.net terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Klaten Kecamatan Gadingrejo pada tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci : media game edukasi,wordwall.net, hasil belajar The problem of this research was the students result of learning was still low. This study aimed to determine the effect of using educational game media with wordwall.net on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Klaten Gadingrejo. The type of research was experimentasl research with research design used one group pretest posttest design. The population in this study is 38 student and sample is 19 students. Sample retrieval techniques used a purposive sampling. Data collection techniques in this research used observasition sheets, tests and documentation.Data analysis techniques using nonparametric statistical test that does not require a normal distribution of data that is Wilcoxon Signed Rank Test. The result of Wilcoxon signed rank test obtained tcount< ttable that is 8 < 34 with (α=0,05). Therefore, it could be concluded (H0) rejected and Ha accepted, it means that there is an effect of using educational game media with wordwall.net on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Klaten Gadingrejo lesson year 2020/2021. Keywords: educational games media, wordwall.net, learning outcome

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:09
Terakhir diubah: 03 Jun 2022 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir