PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR KASIH IBU DENGAN IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA MODUL PENYAKIT BAYI DAN ANAK

Aris, 1517051079 (2021) PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR KASIH IBU DENGAN IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA MODUL PENYAKIT BAYI DAN ANAK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
File ABSTRAK - Aris.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] FIle PDF
File FULL SKRIPSI - Aris.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2283Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
File FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Aris.pdf

Download (1817Kb) | Preview

Abstrak

Angka kematian anak sampai saat ini masih menjadi masalah serius secara global terutama pada negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Angka kematian pada anak di Indonesia masih tergolong tinggi. Terhitung pada tahun 2017, Angka Kematian Neonatal (AKN) sebesar 15, Angka Kematian Bayi (AKB) sebesar 24, dan Angka Kematian Balita (AKABA) sebesar 32 per 1.000 kelahiran hidup (Kemenkes, 2019). Sedangkan di negara tetangga Malaysia dan Singapura, angka kematian anak sudah di bawah 10 kematian per 1000 kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pakar deteksi penyakit anak berbasis android dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 sampai dengan semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem pakar deteksi penyakit anak berbasis android dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) yang memiliki 4 menu yaitu konsultasi (untuk melakukan deteksi penyakit anak), data (menampilkan data penyakit), tentang (menampilkan profil developer), dan bantuan (menampilkan penjelasan mengenai menu – menu yang ada di dalam aplikasi). Kata kunci : Sistem Pakar, Penyakit Anak, SAW (Simple Additive Weighting).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:47
Terakhir diubah: 03 Jun 2022 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62521

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir