Gina Andani, 1711031101 (2021) ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DEVELOPMENT AND THE READINESS OF ACCOUNTING STUDENTS IN INDONESIA. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Gina.pdf Download (727Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Gina.pdf Restricted to Hanya staf Download (3026Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Gina.pdf Download (2789Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
The development of artificial intelligence (AI) in accounting as the impact of industrial revolution 4.0 has raised various concerns regarding the future of accountants and the possibility that accountants will be replaced by AI. As lots of business are continuously adopting AI, both globally and particularly in Indonesia, this adoption of AI raises concerns that the role of accountants will be replaced with AI due to the lack of competence of accountants to work with AI. Therefore, this research will be focused on how is the AI-based curriculum provided by university is having a relation to the competency of prospective accountants and the readiness of accounting students to adapt and work with AI so that their roles are not completely replaced by AI, especially for Indonesian accounting students as prospective accountants. The end of this research will underline that the development of AI therefore should not be a concern for the future of accountants and accounting students in Indonesia, however the accounting students still need to enhance their competencies and the accounting educators therefore also need to improve their curricula to prepare the accounting students to work with AI. Keywords: artificial intelligence, industry 4.0, accounting students, accountant competency. Perkembangan kecerdasan buatan (AI) di bidang akuntansi sebagai dampak dari revolusi industri 4.0 telah menimbulkan berbagai kekhawatiran mengenai masa depan akuntan dan kemungkinan bahwa akuntan akan tergantikan oleh AI. Dengan banyaknya bisnis yang terus mengadopsi AI, baik secara global maupun khususnya di Indonesia, pengadopsian AI ini menimbulkan kekhawatiran bahwa peran akuntan akan digantikan oleh AI karena kurangnya kompetensi akuntan untuk dapat bekerja dengan AI. Oleh karena itu, penelitian ini akan difokuskan pada bagaimana kurikulum berbasis AI yang diberikan oleh universitas memilki hubungan dengan kompetensi calon akuntan dan kesiapan mahasiswa akuntansi untuk beradaptasi dan bekerja dengan AI sehingga peran mereka tidak sepenuhnya tergantikan oleh AI, khususnya bagi para mahasiswa akuntansi Indonesia sebagai calon akuntan. Akhir dari penelitian ini akan menggarisbawahi bahwa perkembangan AI lebih lanjutnya seharusnya tidak menjadi kekhawatiran bagi masa depan akuntan dan mahasiswa akuntansi di Indonesia, namun mahasiswa akuntansi masih perlu meningkatkan kompetensinya dan oleh karena itu para tenaga pendidik akuntansi juga perlu meningkatkan kurikulumnya untuk mempersiapkan mahasiswa akuntansi untuk bekerja dengan AI. Kata Kunci: kecerdasan buatan, industri 4.0, mahasiswa akuntansi, kompetensi akuntan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 07:47 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2022 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62522 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |