ANALISIS NILAI RELEVANSI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN DIVERSITAS DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2020)

Diajeng Fitri Wulan, 1811031012 (2022) ANALISIS NILAI RELEVANSI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN DIVERSITAS DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2020). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR_SKRIPIS_THESISI_DISERTASI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3492Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR_SKRIPIS_THESISI_DISERTASI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3087Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Relevansi nilai adalah kemampuan informasi untuk membantu pengguna laporan dapat dengan mudah mengambil keputusan. Suatu pengungkapan perusahaan dikatakan relevan jika informasi tersebut dapat mempengaruhi keputusan penggunanya. Salah satu pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan adalah tentang tanggung jawab ocial perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat relevansi nilai pada Pengungkapan tanggung jawab ocial perusahaan. Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2018 – 2020 yang mempublikasikan laporan tahunan dengan jumlah perusahaan observasi sebanyak 317 perusahaan. Data yang digunakan diambil dari laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab ocial perusahaan terhadap nilai relevansi dengan keragaman dewan direksi (jenis kelamin, usia, dan ocial ic ) sebagai variabel moderasi dan juga ROA sebagai variabel ocial . Dengan menggunakan uji ocial ic deskriptif dan analisis regresi, dipastikan pengungkapan tanggung jawab ocial perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai relevansi, artinya pengungkapan tanggung jawab ocial perusahaan tidak mempengaruhi reaksi dan pertimbangan keputusan investor. Variabel pemoderasi, juga belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab ocial perusahaan dan pengaruhnya terhadap relevansi nilai meskipun semua variabel pemoderasi memiliki pengaruh dalam hubungan antar model penelitian. Penemuan lainnya adalah ROA berpengaruh signifikan terhadap ERC yang artinya ROA berpengaruh positif dan sangat kuat terhadap nilai relevansi. Hal ini disebabkan pertimbangan investor yang masih terfokus pada kinerja keuangan perusahaan dibandingkan dengan kinerja non keuangan perusahaan. ABSTRACT Value relevance is the ability of information to assist reports in making users able to easily make decisions. A corporate disclosure is said to be relevant if the information can influence the economic decisions of its users. One of the corporate disclosures is about the companies’ social responsibility. This study aims to see the value of relevance on CSR Disclosure. The object of this research is all companies listed on the IDX in 2018 – 2020 which publish annual reports with a total of 317 observation companies. The data used is taken from the company’s annual report. This study examines the effect of CSR Disclosure on value relevance with board diversity (gender, age, and education) as the moderating variable and also ROA as the controlling variable. By using statistical descriptive tests and regression analysis, it is ensured that CSR Disclosure has no effect on the value of relevance, meaning that it does not affect the reactions and considerations of investors’ decisions. The moderating variable has also not been able to provide a significant influence on CSR Disclosure and its effect on the value relevance even though all the moderating variables give impacts in the relationship between research models. On the other hand, ROA has a significant impact in ERC which means ROA has a positive and very strong impact on the value of relevance. This is due to investors’ considerations that are still focused on the company’s financial performance compared to the company’s non-financial performance companies.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2203732562 . Digilib
Date Deposited: 06 Jun 2022 00:57
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 00:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62550

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir