PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN NON – KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING ) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2017

Mohammad Athian Manan, 2021011014 (2022) PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN NON – KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING ) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2017. Oleh Mohammad Athian Manan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market timing terhadap struktur modal perusahaan Non-Keuangan yang melakukan IPO atau penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2017, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persistensi (jangka panjang) market timing terhadap struktur modal pada periode penawaran perdana hingga 3 tahun setelah melakukan penawaran perdana. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 102 perusahaan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dan teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan estimasi data panel. Model estimasi data panel yang digunakan dalam penelitian ini adalah fixed effect model. Penelitian ini juga menggunakan empat variabel kontrol yaitu : profitabilitas, ukuran perusahaan, asset tangibility dan growth. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market timing yang diukur dengan market to book ratio memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat indikasi praktik penerbitan saham pada saat harga (nilai) pasar ekuitas tinggi dan membeli kembali pada harga rendah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara jangka panjang market timing yang diukur dengan external finance weighted average market to book ratio (EFWAMB) tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Kata Kunci : Market Timing, Persistensi Market Timing, Struktur Modal, Initial Public Offering, Profitabilitas, Size, Asset Tanggibility dan Growth. ABSTRACT THE EFFECT OF MARKET TIMING ON CAPITAL STRUCTURE ON NONFINANCIAL COMPANIES THAT CONDUCTED IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING) ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE FOR THE 20102017 PERIOD. By Mohammad Athian Manan This study aims to determine the effect of market timing on the capital structure of non-financial companies that conducted IPO or initial offerings on the Indonesia Stock Exchange for the 2010-2017 period, besides that this study also aims to determine whether there is a persistent (long-term) effect of market timing on the structure of market timing. capital during the initial offering period up to 3 years after the initial offering. The sample in this study was taken using purposive sampling and obtained 102 sample companies. The data used in this study is secondary data, and the data analysis technique used is multiple linear regression analysis with panel data estimation. The panel data estimation model used in this study is the fixed effect model. This study also uses four control variables, namely: profitabilty, firm size, asset tangibility and growth. The results of this study indicate that market timing as measured by the market to book ratio has a significant negative effect on capital structure. This shows that there is an indication of the practice of issuing shares when the price (value) of the equity market is high and buying back at a low price. This study also shows that in the long term market timing as measured by external finance weighted average market to book ratio (EFWAMB) has no effect on capital structure. Keywords: Market Timing, Market Timing Persistence, Capital Structure, Initial Public Offering, Profitability, Size, Asset Tanggibility and Growth.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 2203935057 . Digilib
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:49
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir