PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA DISABILITAS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung)

Diana Ayu Putri, 1612011211 (2021) PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA DISABILITAS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung). FAKULTAS HUKUM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Diana Ayu Putri.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Diana Ayu Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3135Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Diana Ayu Putri.pdf

Download (2640Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan bagi para Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Pelaksanaan pemenuhan hak terhadap Narapidana tersebut juga berlaku terhadap Narapidana penyadang disabilitas. Merupakan salah satu tanggung jawab dan kewajiban Pemerintah yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 adalah dengan menyediakan lembaga pemasyarakatan yang aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Aksesibilitas sebagaimana dimaksud adalah dengan menghilangkan berbagai hambatan bagi penyandang disabilitas. Dalam pelaksanaan pemenuhan hak Narapidana penyandang disabilitas terdapat banyak hambatan seperti kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan pemenuhan hak-hak narapidana penyandang disabilitas di lembaga pemasyarakatan dan faktor penghambat pelaksanaan pemenuhan hak-hak narapidana disabilitas di lembaga pemasyarakatan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan yuridis empiris. Narasumber penelitian terdiri dari Kepala Bidang Lembaga Pemasyarakatan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung, Kepala Bidang pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bandar Lampung dan Dosen pada Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Pelaksanaan pemenuhan hak-hak Narapidana penyandang disabilitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung masih belum sepenuhnya terpenuhi, hal ini disebabkan karena kurangnya kebutuhan fasilitas fisik seperti kursi roda, aksesibilitas yang masih menyulitkan Narapidana penyandang disabilitas serta masih adanya bullying yang dilakukan antar sesama Narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Faktor penghambat terlaksananya pelaksanaan pemenuhan hak-hak narapidana disabilitas yaitu keterbatasan kewenangan hingga anggaran yang mengakibatkan kurangnya pelayanan hingga fasilitas fisik yang didapat oleh Narapidana Disabilitas di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Diana Ayu Putri Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung dalam melaksanakan pemenuhan hak-hak Narapidana penyandang disabilitas hendaknya dapat memenuhi fasilitas fisik/kesehatan dan memperhatikan aksesibiitas agar tidak menyulitkan penyandang disabilitas daam melakukan aktifitasnya serta memperhatikan Narapidana penyandang disabilitas agar tidak mendapatkan bullying dengan sesama Narapidana. Kata kunci : Pelaksanaan, Hak Narapidana, Disabilitas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:34
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62560

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir