PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SECARA DARING DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

Ni Wayan Sunda Ela Manistri, 1713043025 (2021) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SECARA DARING DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT)- NI DESAK GEDE.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-NI DESAK GEDE.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1924Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN-NI GEDE PUTRI.pdf

Download (1798Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang terlihat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam pembelajaran seni budaya secara daring di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya secara daring di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori peran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas IX 3 di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang peran guru dalam pembelajaran seni budaya secara daring di SMP Negeri 11 Bandar Lampung menunjukan bahwa guru telah melaksanakan perannya sesuai dengan 5 aspek peran guru yang dijadikan acuan dalam penelitian ini untuk melihat peran guru. Peran guru yang telah dilaksanakan oleh guru yaitu guru sebagai pengajar, guru sebagai katalisator, guru sebagai penjaga gawang, guru sebagai fasilitator dan guru sebagai penghubung. Berdasarkan kelima peran yang telah dilaksanakan, guru telah berperan dengan cukup baik walaupun selama pelaksanaan kelima peran tersebut masih belum cukup optimal. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Seni Budaya, Daring The problem seen in this study is how the teacher's role in online learning of cultural arts at SMP Negeri 11 Bandar Lampung is. This study aims to describe the teacher's role in implementing online cultural arts learning at SMP Negeri 11 Bandar Lampung. The method in this research is descriptive qualitative. This research uses role theory. The data sources in this study were art and culture teachers and grade IX 3 students at SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The results of the research on the role of the teacher in online learning of cultural arts at SMP Negeri 11 Bandar Lampung indicate that the teacher has carried out his role in accordance with the 5 aspects of the teacher's role that are used as a reference in this study to see the role of the teacher. The teacher's role that has been carried out by the teacher is the teacher as a teacher, the teacher as a catalyst, the teacher as a gatekeeper, the teacher as a facilitator and the teacher as a liaison. Based on the five roles that have been implemented, the teacher has played a fairly good role even though during the implementation of the five roles it is still not optimal enough. Keywords: Teacher's Role, Cultural Arts Learning, Online

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:45
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62634

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir