PENGARUH ALELOPATI DAUN SENDUDUK BULU (Clidemia hirta L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN GULMA Praxelis clematidea

ANDRIANI DWI LESTARI, 1714161007 (2022) PENGARUH ALELOPATI DAUN SENDUDUK BULU (Clidemia hirta L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN GULMA Praxelis clematidea. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1641Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1202Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gulma tumbuh berdampingan dengan tanaman pokok yang keberadaannya tidak diharapkan oleh petani karena mengganggu tanaman, tetapi ada gulma yang dapat dimanfaatkan sebagai bioherbisida dalam menanggulanggi gulma yang lain. Tumbuhan Clidemia hirta L. mampu menghasilkan senyawa fenolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun Clidemia hirta L. terhadap perkecambahan dan pertumbuan gulma Praxelis clematidea, mengetahui konsentrasi ekstrak daun Clidemia hirta L. yang efektif untuk menghambat perkecambahan dan pertumbuhan gulma Praxelis clematidea. Penelitian dilaksanakan pada Juni hingga September 2021 di Laboratorium Ilmu Gulma dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan konsentrasi ekstrak daun Clidemia hirta L : 0; 1,5; 3,0; 4,5; 6,0; dan 7,5%, masing-masing perlakuan pada cawan petri dan pot diulang sebanyak 6 kali sehingga diperoleh 72 unit percobaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis ragam sebelumnya telah diuji homogenitas ragamnya dengan uji Barlett dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) taraf 5%. Hasil penelitian di laboratorium pada cawan petri perlakuan ekstrak daun Clidemia hirta L. konsentrasi 1,5 %, 3,0%, 4,5%, 6,0%, dan 7,5% mampu menghambat perkecambahan biji gulma Praxelis clematidea. Sedangkan, hasil uji di rumah kaca menggunakan pot dengan ekstrak daun Clidemia hirta L. konsentrasi 4,5%, 6,0%, dan 7,5% mampu menghambat perkecambahan dan pertumbuhan gulma Praxelis clematidea dengan penurunan daya berkecambah, tinggi gulma, panjang akar, dan bobot kering gulma. Kata Kunci : Ekstrak daun Clidemia hirta L. biji Praxelis clematidea, perkecambahan, pertumbuhan gulma.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2203606509 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:39
Terakhir diubah: 07 Jun 2022 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62667

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir