PENGGUNAAN METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI PADA SISWA KELAS B DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Nur Bayyinatul Azizah, 1813043008 (2022) PENGGUNAAN METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI PADA SISWA KELAS B DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3198Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2631Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode imitasi dalam pembelajaran tari di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B yang berjumlah 5 orang siswa. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep imitasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan metode imitasi dalam bentuk praktik langsung. Terdapat empat aspek didalam proses imitasi diantaranya adalah proses pengamatan, proses mengingat, proses reproduksi motorik, proses penguatan dan motivasi. Pada tahap proses pengamatan guru mempergakan gerak yang kemudian diobservasi kembali oleh siswa. Proses mengingat guru akan menilai kemampuan siswa dalam mereplikasi gerak yang telah diajarkan. Selanjutnya proses reproduksi motorik guru akan melihat kemampaun siswa dalam mendalami karakter pada tari Kancil. Proses penguatan dan motivasi adalah guru akan melihat kemampuan siswa secara keseluruhan mulai dari siswa mengobservasi gerak sampai bagaimana siswa dapat mendalami karakter Kancil dengan pendukung iringan musik. Hasil pengamatan yang diperoleh bahwa kelima siswa dengan AA, AR, EG, MA dan SC berhasil mengimitasi dengan keempat proses imitasi tersebut dan mendapat kategori baik. Kata kunci: metode imitasi, pembelajaran tari, tari Kancil.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2203313708 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:18
Terakhir diubah: 07 Jun 2022 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62684

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir