MAKNA FILOSOFI TRADISI PAPERAHAN HUBUNGAN TUHAN, ALAM, DAN MANUSIA (Studi pada Masyarakat Sunda Desa Sumur Kumbang, Kalianda, Lampung Selatan)

Annisa Merina Rusman, 1816011015 (2022) MAKNA FILOSOFI TRADISI PAPERAHAN HUBUNGAN TUHAN, ALAM, DAN MANUSIA (Studi pada Masyarakat Sunda Desa Sumur Kumbang, Kalianda, Lampung Selatan). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU PLOITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3348Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3073Kb) | Preview

Abstrak

Indonesia merupakan sebuah negara multikultural dengan tingkat keanekaragaman masyarakat dan kebudayaan yang sangat kompleks sehingga dari masing-masing daerah tersebut menghasilkan tradisi yang beragam. Tradisi yang masih sangat kental dilakukan sampai sekarang adalah salah satunya pada masyarakat Sunda yang ada di Desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan yang mayoritas pendudukya adalah Suku Sunda. Masyarakat Sunda di Desa Sumur Kumbang memiliki sebuah tradisi makan bersama dengan banyak orang, teman, maupun saudara. Istilah cara makan bersama pada masyarakat Sunda di Desa Sumur Kumbang yang terbilang khas yaitu tradisi yang disebut masyarakat setempat dengan istilah paperahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi paperahan memiliki makna filosofi yaitu sebagai bentuk rasa syukur warga Desa Sumur Kumbang kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga kepada Hutan Gunung Rajabasa atas limpahan rezeki baik nikmat sehat maupun kesejahteraan dan terhindar dari bala bencana dan penyakit melalui persembahan yang mereka lakukan dari mulai tahap persiapan (musawaroh), tahap pelaksanaan kumpulan genep kemis, sampai tahap penutupan hari ka tujuh Jum’at sebagai hari puncak paperahan. Kata Kunci: Tradisi Paperahan, hubungan tuhan, alam, dan manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203413530 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:56
Terakhir diubah: 07 Jun 2022 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir