Nurjayanti, 1723041026 (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ESPLANASI MELALUI MODEL ASSURE PADA SISWA KELAS VIII SMP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK Nurjayanti - Nur Jayanti.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
File PDF
Full Tesis Nurjayanti - Nur Jayanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (2067Kb) |
||
|
File PDF
full tanpa bab Pembahasan - Nur Jayanti.pdf Download (2017Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran teks eksplanasi melalui model ASSURE siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran adobe flash pada telaah teks eksplanasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian yaitu model pembelajaran ASSURE yang menitikberatkan pada langkah-langkah menganalisis karakteristik siswa (analyze learner characteristics); menetapkan tujuan pembelajaran (state performance objectives); memilih metode, media dan bahan pelajaran (select methods, media and materials, utilize materials); mengaktifkan keterlibatan siswa (requires learner participation); evaluasi dan revisi (evaluation and revision). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan ialah siswa kelas VIII SMP Annida. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa data hasil dari pengisian kuisioner terkait pembelajaran teks eksplanasi untuk kelas VIII SMP Annida oleh para siswa. Hasil analisis menunjukan pemanfaatan media Adobe Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Annida. Hal ini diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar dari setiap pertemuannya. Pada pertemuan I siswa tuntas sebanyak 21 siswa, siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Hasil belajar meningkat sebesar 10% dari 60% menjadi 70%. Dan pada pertemuan II siswa tuntas sebanyak 27 siswa, siswa yang tidak tuntas sebanyakl 3 siswa. Hasil belajar meningkat sebesar 20% dari 70% menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pemanfaatan media Adobe Flash meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Annida pada materi telaah teks ekplanasi. Kata kunci : pemanfataan, media, adobe flash, telaah teks eksplanasi This research aims to utilize adobe flash learning media in explanatory text studies. The learning model used in the research is the ASSURE learning model which focuses on the steps of analyzing student characteristics, setting learning goals, selecting methods, media and subject matter, enabling student engagement, evaluation and revision. Study The research method used in this study is qualitative descriptive, the data source used is a student of grade VIII annida junior high school. The data analyzed in this study is in the form of data results from the filling of questionnaires related to explanatory text learning for class VIII of Annida Junior High school by the students. The results of the analysis showed that the use of Adobe Flash media can improve the learning outcomes of students of class VIII junior high school Annida. The results of the analysis showed that the use of Adobe Flash media can improve the learning outcomes of students of class VIII junior high school Annida. This is known by the increase in learning outcomes from each cycle. In cycle I students completed as many as 21 students, students who were not completed as many as 9 students. Learning outcomes increased by 10% from 60% to 70%. And in cycle II students completed as many as 27 students, students who are not completed as many as 3 students. Learning outcomes increased by 20% from 70% to 90%. Thus it can be noted that the use of Adobe Flash media improves the learning outcomes of students of class VIII Junior Annida in explanatory text study materials.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 01:26 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2022 01:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62729 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |