PREVALENSI SPESIES Colletotrichum PATOGEN ANTRAKNOSA PADA BUAH PEPAYA DI BANDAR LAMPUNG DAN UJI SENSITIVITASNYA TERHADAP BEBERAPA FUNGISIDA

SYIFA NAILUL FU’IKAH, 1714191013 (2022) PREVALENSI SPESIES Colletotrichum PATOGEN ANTRAKNOSA PADA BUAH PEPAYA DI BANDAR LAMPUNG DAN UJI SENSITIVITASNYA TERHADAP BEBERAPA FUNGISIDA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (271Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1329Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Colletotrichum gloeosporioides merupakan penyebab utama penyakit antraknosa pada tanaman pepaya yang paling sering ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies Colletotrichum yang dominan di Bandar Lampung serta sensitivitasnya terhadap fungisida. Penelitian dilakukan di Laboratorium Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Perlakuan dirancang dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol (media PSA tanpa dicampur dengan fungisida sintetik dan fungisida nabati), propineb (media PSA + propineb 70%), benomil (media PSA + benomil 50%), ekstrak daun pepaya (media PSA + ekstrak daun pepaya 60%), ekstrak daun sirih (media PSA + ekstrak daun sirih 60%). Parameter yang diamati yaitu diameter koloni jamur, kerapatan konidia dan perkecambahan konidia. Data hasil pengamatan yang diperoleh diuji homogenitasnya dengan uji Barlet sedangkan keaditivitasan data di uji dengan uji Tukey dan perbedaan nilai tengah perlakuan diuji dengan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua spesies yaitu C. gloeosporioides dan C. magnum, tetapi yang lebih dominan ditemukan di Bandar Lampung yaitu C. gloeosporioides. C. gloeosporioides lebih sensitif terhadap fungisida berbahan aktif benomil dan fungisida dari ekstrak daun sirih, tetapi tidak sensitif terhadap fungisida berbahan aktif propineb dan ekstrak daun pepaya. Kata Kunci : Colletotrichum gloeosporioides, fungisida sintetik dan fungisida nabati.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2203401183 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Terakhir diubah: 08 Jun 2022 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62750

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir