IDENTIFIKASI HAMBATAN PERENCANAAN PILIHAN KARIER PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020 – 2021

DIAJENG SETIA GANIS , 1713052012 (2022) IDENTIFIKASI HAMBATAN PERENCANAAN PILIHAN KARIER PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020 – 2021. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perencanaan karier menjadi salah satu proses penting bagi mahasiswa, namun kenyataannya ada mahasiswa belum mengerti dan melakukan perencanaan karier yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan perencanaan karier mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung Tahun Akademik 2020-2021. Dengan metode yang digunakan adalah kualitatif, menggunakan teknik non probability dengan voluntary sampling dalam pengambilan sample. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 2 (dua) faktor yaitu faktor kognitif individu (internal) dan faktor kontekstual (eksternal). Hambatan internal terdiri dari efikasi diri, pemahaman diri, keterampilan dan biologis sedangkan untuk hambatan eksternal terdiri dari pengetahuan karier, institusi pendidikan, teman ,keluarga dan dunia karier. Hambatan perencanaan karier mahasiswa FISIP Unila didominasi oleh hambatan internal sebanyak 39 mahasiswa yang mengalami hambatan perencanaan karier mengenai kurangnya kepercayaan diri, diikuti sebanyak 21 mahasiswa yang mengalami hambatan perencanaan karier dengan perilaku malas serta hambatan eksternal sebanyak 22 mahasiswa yang mengalami hambatan perencanaan karier mengenai kurangnya dukungan keluarga, diikuti sebanyak 17 mahasiswa mengalami hambatan perencanaan karier mengenai kurangnya keterampilan. Kata Kunci: hambatan, perencanaan, karier, mahasiswa. Career planning is an important process for students, but in reality there are students who do not understand and do good career planning. This study aims to identify barriers to career planning for students of the Faculty of Social and Political Sciences, University of Lampung, Academic Year 2020-2021. The method used is qualitative, using non-probability techniques with voluntary sampling in sampling. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique of this research uses data triangulation. The conclusion in this study is that there are 2 (two) factors, namely individual cognitive factors (internal) and contextual factors (external). Internal barriers consist of self-efficacy, self-understanding, skills and biology, while external barriers consist of career knowledge, educational institutions, friends, family and career world. Barriers to career planning for FISIP Unila students are dominated by internal barriers as many as 39 students who experience career planning barriers regarding lack of self-confidence, followed by 21 students who experience career planning barriers with lazy behavior and external barriers as many as 22 students who experience career planning barriers regarding the lack of family support , followed by 17 students experiencing career planning barriers regarding lack of skills. Keywords: barriers, planning, career, student.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203588884 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:30
Terakhir diubah: 09 Jun 2022 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62825

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir