PENGGUNAAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera sp.) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG BUNGKIL KEDELAI PADA PAKAN PEMBESARAN IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp.)

NORMA VALENSI PUTRI, 1814111026 (2022) PENGGUNAAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera sp.) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG BUNGKIL KEDELAI PADA PAKAN PEMBESARAN IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1043Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (881Kb) | Preview

Abstrak

Mahalnya harga bahan baku pakan seperti tepung kedelai perlu upaya untuk mensubstitusi dengan bahan baku lokal. Salah satu bahan baku lokal yang berpotensi menjadi pengganti tepung kedelai adalah Indigofera sp. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tepung daun indigofera (TDI) sebagai subtitusi tepung bungkil kedelai terhadap performa pertumbuhan pada pembesaran ikan nila merah (Oreochromis sp.). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap 4 perlakuan masing-masing dengan 3 ulangan. Perlakuan tersebut meliputi P1 (tanpa TDI), P2 (TDI 10%), P3 (TDI 20%), dan P4 (TDI 30%). Pemberian TDI dilakukan pada benih ikan nila merah ukuran 13-15 cm dari bulan April-Agustus dengan pengambilan sampel setiap 2 minggu sekali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (Anova) kemudian diuji lanjut dengan uji Duncan. Berdasarkan analisis statistik, substitusi tepung bungkil kedelai dengan 30% tepung daun indigofera dapat menggantikan tepung bungkil kedelai yang digunakan pada pakan komersial dengan ditunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata secara statistik terhadap pertumbuhan bobot mutlak, panjang mutlak, SGR, dan SR ikan. Hasil penghitungan FCR menunjukkan TDI dapat digunakan pada pakan. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pembudi daya ikan nila merah untuk menggunakan tepung daun indogofera sebagai bahan baku alternatif pengganti tepung bungkil kedelai. Kata kunci : Pakan, indigofera (Indigofera sp.), ikan nila merah (Oreochromis sp.) kinerja pertumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: 2203497286 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:55
Terakhir diubah: 09 Jun 2022 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62828

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir